Trump Balas Korut, Uji Coba Sistem Pertahanan Rudal

donald trump

TOPMETRO.NEWS – Pesawat ASPesawat AS B-1B (kiri) dikawal pesawat tempur Korea Selatan (kanan) dalam latihan di Semenanjung Korea, Minggu (30/7). AU Korea Selatan/EPA

Amerika Serikat menyatakan telah berhasil menguji coba sistem pertahanan rudal dan menerbangkan pesawat pengebom B-1B di atas Semenanjung Korea.

Uji coba sistem pertahanan rudal yang dikenal dengan nama Terminal High Altitude Area Defence (THAAD) dan latihan pesawat pengebom pada Minggu (30/7) dilakukan sebagai tanggapan langsung atas uji coba rudal yang dilakukan Korea Utara (Korut) baru-baru ini.

Dalam pernyataannya Minggu (30/7), militer Amerika Serikat mengatakan proyektil yang diluncurkan Angkatan Udara AS ditembak jatuh di atas Pasifik oleh unit THAAD di Alaska.

Uji coba sistem pertahanan rudal AS dilakukan dua hari setelah Korea Utara meluncurkan rudal balistik antarbenua yang kedua dalam tempo satu bulan.

Usai peluncuran, pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengatakan uji coba tersebut membuktikan bahwa seluruh wilayah AS berada dalam jangkauan serangan Korea Utara.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan dia sangat kecewa dengan Cina, karena tidak berupaya menghentikan program nuklir Korea Utara.(tmn)

Related posts

Leave a Comment