Cendikiawan Melayu Nilai Pj Bupati Nizhamul Sukses Benahi Kabupaten Batubara

topmetro.news – Ketua Umum Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) Prof Dr OK Saidin SH, mengatakan Pj Bupati Batubara Nizhamul SE MM, dinilai sukses dan berperan penting dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 yakni Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Legislatif (Pileg) yang digelar serentak 14 Februari 2024 lalu.

Keberhasilan itu terlihat tingginya partisipasi masyarakat pada Pilpres yang mencapai 76,5 persen di Kabupaten Batubara, dan mampu menciptakan situasi kondusif dalam pelaksanaan maupun pasca pelaksanaan Pemilu 2024, dengan hasil Pilpres 42,40% untuk pasangan Anis-Muhaimin, 50,74% untuk pasangan Prabowo-Gibran dan 6,87% untuk pasangan Ganjar-Mahfud.

“Penyelenggaraan Pilpres dan Pileg 2024 di Batubara sukses, aman dan kondusif,” kata cendikiawan Melayu OK. Saidin kepada wartawan di Medan, Kamis (13/6/2024).

Kesukseskan pesta demokrasi itu tidak terlepas dari peran serta Pj Bupati Batubara Nizhamul dan jajarannya, setelah dia dilantik Pj Gubsu Hassanudin di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman No 41 Medan, Rabu (27/12/2023) lalu, menggantikan Zahir dan Wakil Bupati Oky Iqbal Frima, yang sudah berakhir masa jabatannya.

Dijelaskan Prof Saidin, Pemilu terlaksana dengan sukses, baik itu Pilpres maupun Pilleg sehingga kondisi masyarakat pada pelaksanaan pesta demokrasi itu dalam keadaan aman dan kondusif.

Keberhasilan itu tidak terlepas dari ide dan gagasan sejalan dengan tagline ‘BATU BARA BANGKIT’ – Bersih, Amanah, Network, Global, Kualitas, Inovatif, Transparan.

Nizhamul sendiri berkomitmen bahwa dirinya akan meneruskan yang sudah baik dan konsisten berkoordinasi dengan Pemprov Sumut dan perangkat daerah untuk menjalankan program yang telah ada sebelumnya.

“Ke depan saya akan melanjutkan program yang sudah baik, menjalankan apa yang diarahkan oleh Presiden RI, bekerja sama dan berkoordinasi dalam pelaksanaan program pembangunan Kabupaten Batubara,” ucapnya.

Sebagai seorang birokrat yang pernah menjabat Kepala Biro Organisasi dan Perencanaan Kementerian Polhukam di Jakarta, Nizhamul juga dinilai telah mengangkat harkat dan martabat warisan budaya khususnya budaya Melayu di Batubara, yang menurut masyarakat adat Melayu Batubara adalah Tanah Bertuah.

Hal itu dilakukan Nizhamul yang juga putra asli Melayu itu melalui program revitalisasi Istana Niat Lima Laras dengan menetapkan Istana Niat Lima Laras sebagai Cagar Budaya.

Hal ini sangat penting bagi masyarakat Melayu Batubara, karena selain dapat melestarikan budaya juga sekaligus menjadi destinasi wisata yang dapat meningkatkan ekonomi rakyat melalui pariwisata.

Terpisah, Prof Johar Arifin Husin, anggota Komisi X DPR RI mengapresiasi kebijakan dan langkah-langkah yang sudah dilakukan Pj Bupati Batubara selama enam bulan menduduki jabatan itu.

“Salah satu di antaranya menghimpun para akademisi dan intelektual untuk memberikan konstribusi pemikiran penyusunan dokumen perencanaan pembangunan Batubara,” ujar anggota DPR RI yang antara lain membidangi pendidikan ini.

Kemudian, Nizhamul ikut menumbuhkembangkan inovasi para wirausaha baru, UMKM untuk maju memperluas ekonomi pasar.

Dengan sederet kebijakan dan prestasinya itu, Kabupaten Batubara di bawah kepemimpinannya berhasil memperoleh nilai Sangat Memuaskan dari Kemendagri RI berdasarkan Hasil Evaluasi Kinerja Tri Wulan I (Januari – Maret 2024)

Hal ini sejalan dengan amanat Pj Gubsu Hassanudin yang terus mendorong Pj Bupati Batubara sehingga indeks pembangunan manusia (IPM) pada tahun 2023 menunjukkan angka sebesar 72,56%, atau meningkat 1,13% bila dibanding tahun 2022.

Itu berarti adanya tren positif, yakni peningkatan IPM dari program yang sudah dan sedang dilaksanakan.

Senada, Assoc Prof Dr H Azizul Kholis SE MSi MPd CMA CSRS selaku Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Himpunan Keluarga Besar Masyarakat Kabupaten Batubara (Hikabara) Provinsi Sumatera Utara mengucapkan terima kasih kepada Menteri Dalam Negeri yang telah menunjuk Nizhamul SE MM sebagai Penjabat Bupati di Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara.

Sebab dalam melaksanakan tugasnya, Pj Bupati Batubara telah menjalankan roda pemerintahan secara profesional, transparan dan akuntabel.

Lebih dari itu, Nizhamul juga dinilai sudah melakukan terobosan dalam berbagai bidang pembangunan ekonomi masyarakat khususnya pelaku UMKM dengan melaksanakan perluasan kesempatan pemanfaatan rest area jalan tol yang ada di Kabupaten Batubara.

Selanjutnya, Pj Bupati juga mampu mewujudkan kehidupan masyarakat Batubara yang religius dengan menerbitkan dan melaksanakan Peraturan Daerah ‘Maghrib Mengaji’ dan meningkatkan toleransi antara umat beragama dengan merangkul seluruh tokoh-tokoh agama Kabupaten Batubara serta melaksanakan Program Merajut Keberagaman Demi Indonesia Tangguh

“Nizhamul juga telah mampu membangun sinergi yang baik antara Pemkab dengan Pemerintah Pusat, Pemkab dengan Pemerintah Provinsi, TNI-Polri terutama dalam program membangun desa, dengan melibatkan diri secara langsung pada kegiatan TNI membangun desa di Kabupaten Batubara,” pungkas Assoc Prof Azizul Kholis.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment