Sambut Idul Adha Penuh Sukacita, Petugas PLN Siap Amankan Pasokan Listrik

Dalam menjaga pasokan listrik tetap andal selama pelaksanaan Shalat Ied, PLN telah menyiagakan sejumlah petugas di berbagai lokasi pelaksanaan Shalat Idul Adha, Senin (17/6/2024).

topmetro.news – Lantunan takbir dan tahmid berkumandang di seluruh penjuru negeri menyambut sukacita Hari Raya Idul Adha 1445H. Dalam menjaga pasokan listrik tetap andal selama pelaksanaan Shalat Ied, PLN telah menyiagakan sejumlah petugas di berbagai lokasi pelaksanaan Shalat Idul Adha, Senin (17/6/2024).

Petugas yang disiapkan oleh PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara terdiri dari pegawai serta mitra kerja yang berjumlah 2.994 orang. Mereka tersebar di 10 Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) dan 67 Unit Layanan Pelanggan (ULP).

GM PLN UID Sumut Saleh Siswanto mengatakan, untuk memberikan kenyamanan Umat Islam dalam menjalankan ibadah dan kegiatan pemotongan kurban, PLN menerapkan masa siaga Idul Adha.

“Untuk memudahkan dan memberi kelancaran Umat Islam menjalankan ibadah dan pemotongan kurban, PLN menerapkan masa siaga, terhitung sejak tanggal 16 hingga 18 Juni 2024,” ujar Saleh.

Saleh menjelaskan, sebelumnya telah menginstruksikan seluruh unit untuk melakukan pendataan lokasi yang akan digunakan Shalat Idul Adha dan pemotongan kurban. Selanjutnya petugas PLN akan bersiaga menjaga keandalan pasokan listrik saat pelaksanaan Shalat Idul Adha.

“Seluruh lokasi pelaksanaan Shalat Idul Adha dan pemotongan kurban telah terdata dengan baik. Sebanyak 505 lokasi ibadah/masjid telah dipastikan kondisi instalasi dalam kondisi baik,” jelas Saleh.

Saleh menambahkan, sistem kelistrikan dalam kondisi normal/aman. Daya mampu pasok sebesar 2.269 MegaWatt (MW). Di mana proyeksi beban puncak saat Perayaan Idul Adha sebesar 1.780 MegaWatt (MW) dan cadangan daya sebesar 489 MegaWatt (MW).

“Kita semua berharap, pasokan listrik tetap andal selama perayaan Idul Adha 1445H,” tambah Saleh.

SPKLU

Selain menjaga pasokan listrik saat pelaksanaan Shalat Idul Adha, PLN juga memastikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dapat berfungsi normal selama Lebaran Idul Adha.

Hal ini bertujuan agar pemilik kendaraan listrik tidak perlu khawatir menggunakan kendaraannya selama masa liburan, karena PLN telah mempersiapkan 14 SPKLU yang tersebar di berbagai lokasi strategis di Sumatera Utara.

PLN juga mengimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke luar kota, agar mencabut peralatan listrik yang tidak digunakan sebelum meninggalkan rumah, agar terhindar dari kebakaran.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment