Sejahterakan Anggota, HBB Dirikan Koperasi Secara Nasional

HBB (Horas Bangso Batak) terus berkembang dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi anggotanya. Setelah sebelumnya mengajak anggota untuk ikut menggelar 'sembako murah berkualitas', kali ini, ormas besar tersebut akan mendirikan koperasi.

topmetro.news – HBB (Horas Bangso Batak) terus berkembang dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi anggotanya. Setelah sebelumnya mengajak anggota untuk ikut menggelar ‘sembako murah berkualitas’, kali ini, ormas besar tersebut akan mendirikan koperasi.

Dalam pendirian koperasi itu, HBB bekerjasama dengan UMKM HBB dan Warunk Nusantara. Di mana nantinya Koperasi HBB Nusantara itu akan berdiri secara nasional.

Keseriusan mendirikan Koperasi HBB Nusantara itu mereka tunjukkan dengan terlebih dahulu mengundang instansi terkait guna pembinaan, pendalaman, dan pengarahan terkait segala sesuatu mengenai perkoperasian.

“Kita serius dalam mendirikan koperasi ini. Makanya sebelum kita laksanakan, terlebih dahulu kita melakukan semacam pembinaan dan pengarahan dari instansi terkait. Dalam hal ini ada dari Dinas Koperasi UKM Sumut dan juga Bank Mandiri,” kata Ketua DPD HBB Sumut Tomson Marisi Parapat SH, Selasa (2/7/2024).

Tomson menambahkan, bahwa mereka pun akan segera membentuk kepengurusan. Di mana dalam hal ini, DPD HBB Sumut mendapat mandat untuk membentuk kepengurusan dan pengawas Koperasi HBB Nusantara.

“Kita tidak ingin sekadar mendirikan saja. Tapi kita ingin mendirikan sebuah koperasi yang sehat dan bermanfaat bagi semua anggota. Makanya kita melakukan persiapan yang benar-benar serius dan terarah. Di antaranya dengan mendatangkan mereka yang berkompeten dalam hal perkoperasian,” tutur Tomson kepada media ini.

Pembinaan dan pengarahan itu sendiri berlangsung di Kantor DPD HBB Sumut Jalan Tritura Medan, Selasa (2/7/2024). Hadir juga Ketua Umum DPP HBB Lamsiang Sitompul SH MH, Sekum Luhut Situmorang SH MH, serta para anggota dan pengurus HBB lainnya.

Niat

Pada kegiatan itu, Pugo Irfan selaku pengawas koperasi dari Dinas Koperasi UKM Sumut, secara detail memberikan penyuluhan terkait pendirian koperasi.

Di antaranya menyebut, agar niat mendirikan koperasi, sebaiknya adalah untuk kesejahteraan anggota. Pugo juga menyarankan, sebelum sampai ke notaris, sebaiknya draft AD/ART dibahas dengan sebaik-baiknya termasuk bagaimana dengan kemungkinan perkembangan koperasi ke depan.

“Sehingga bidang atau unit yang akan ditangani koperasi, juga sebaiknya dipertimbangkan dengan baik. Dalam hal ini bisa berkonsultasi dengan Dinas Koperasi UKM Sumut,” katanya.

Pugo juga menyampaikan, agar dalam kepengurusan harian maupun pengawas, jumlahnya antara tiga atau lima orang. Sehingga apabila ada pengambilan suara, maka keputusan akan bisa tercapai.

“Koperasi yang sehat setiap tahun harus melaksanakan rapat anggota tahunan. Dan setiap anggota bisa memeriksa laporan keuangannya secara terbuka,” katanya di bagian lain paparannya.

Sebelumnya, hadir juga tim dari Bank Mandiri untuk memberi penyuluhan dan support pendirian Koperasi HBB Nusantara. Disebutkan, Bank Mandiri siap memberi dukungan dana termasuk pinjaman lunak kepada koperasi dan pelaku UMKM.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment