Kabupaten Langkat Jadi Sasaran Bantuan RTLH 50 Unit dari Pemprovsu

topmetro.news – Kabupaten Langkat menjadi sasaran bantuan Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RLTH) dalam Program Gerakan Bedah Rumah Serentak se Sumatera Utara. Kegiatan ini dilaksanakan di Kelurahan Sei Bilah Kecamatan Sei Lepan Kabupaten Langkat Tahun 2024, Jumat (5/7/2024) pagi.

Atas bantuan ini, Pj Bupati Langkat HM Faisal Hasrimy menyampaikan terima kasih kepada Pj Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni. “Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi setinggi tingginya atas terselenggaranya kegiatan ini. Ini sangat membantu masyarakat kami yakni masyarakat Kabupaten Langkat,” katanya.

Dijelaskannya, RLTH merupakan upaya nyata Pemprov Sumut untuk senantiasa meningkatkan kualitas tempat tinggal yang layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Program ini dilaksanakan serentak di seluruh kabupaten/kota se-Sumatera Utara dan merupakan program Pemerintah Provinsi Sumut melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Provinsi Sumatera Utara dengan perbaikan RTLH di kawasan kumuh dengan luas 10-15 ha sebanyak 50 unit.

Sekedar diketahui, dalam tiga tahun terakhir, Kabupaten Langkat telah memprioritaskan RLTH hasil kolaborasi ke berbagai pihak sebanyak 2.020 unit. Dengan rincian, sumber dana APBN berjumlah 869 unit, APBD Provisi Sumut sebanyak 43 Unit, APBD Langkat sebanyak 1.100 Unit dan CSR Pertamina sebanyak delapan unit. Sementara, tahun 2024 sudah dialokasikan untuk penanganan RLTH sebanyak 499 Unit.

“Kami akan terus berupaya berkoordinasi dengan berbagai pihak agar RLTH di Kabupaten Langkat bisa teratasi,” beber Hasrimy.

Dalam kesempatan itu, Hasrimy berpesan kepada penerima renovasi RLTH agar bertanggung jawab menjaga dan merawat rumah yang terlah direhabilitasi secara baik. Sehingga manfaatnya dapat terus menerus dirasakan.

Selanjutnya penyerahan secara simbolis bahan material kepada penerima bantuan RLTH sekaligus penyerahan bantuan dari Presiden RI.

Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk menyediakan rumah layak huni di Sumatera Utara.

“Yang merupakan hasil dari kolaborasi seluruh pihak di Sumatera Utara agar masyarakat dapat meningkat kesejahteraannya, SDM dan menjaga kesehatannya,” harap Fatoni.

Pj Gubernur Sumut tersebut menarargetkan, di akhir tahun 2024 harus mencapai lebih dari 5000 renovasi RLTH. “Ini bisa terwujud dengan memanfaatkan dana CSR, Dana Desa, Basnaz maupun lainnya. Semoga apa yang kita cita ciptakan, rencanakan dan niatkan untuk kesejahteraan masyarakat mendapat kemudahan dan ridha dari Allah SWT,” ujarnya sembari membuka Gerakan Bedah Rumah.

reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment