Gol Ollie Watkins Bawa Inggris ke Final Euro 2024, Buyarkan Ambisi Belanda

topmetro.news – Gol Ollie Watkins di masa injury time bawa Inggris ke partai final Euro 2024 dan menantang Spanyol, yang lebih dulu ke final dengan mengalahkan Perancis 2-1. Inggris dengan kerja keras menumbangkan Belanda, dalam pertarungan sengit dengan skor 2-1 di semifinal Euro 2024 berlangsung, pada Kamis (11/7/2024) dinihari WIB di Stadion Signal Iduna Park Dortmund, Jerman.

Padahal sempat tertinggal lebih dulu setelah Xavi Simons mencetak gol di awal babak pertama. Inggris mampu bangkit dan menyamakan skor lewat penalti Harry Kane.

Gol Ollie Watkins yang masuk sebagai pemain pengganti muncul menjadi pahlawan, kemenangan Inggris lewat gol yang ia ciptakan di masa injury time babak kedua.

Berkat hasil ini, Inggris berhak tampil di partai final menghadapi Spanyol. Partai puncak ini rencananya akan dihelat di Olympiastadion, Berlin pada Senin (15/7/2024) dini hari WIB mendatang.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan baru saja berjalan tujuh menit, Belanda sudah berhasil membuka keunggulan lewat tembakan keras Xavi Simons, yang gagal dibendung Jordan Pickford. Sebuah gol yang spektakuler.

Memasuki menit ke-14, Denzel Dumfries melanggar Kane di kotak terlarang. Usai meninjau VAR, wasit Felix Zwayer memberi penalti kepada Inggris yang dituntaskan sendiri oleh Harry Kane menjadi gol.

Usai menyamakan skor, Inggris mendominasi permainan dan memperoleh dua peluang emas lewat aksi Phil Foden. Namun, peluang pertama dapat dihalau Dumfries tepat di garis gawang, sedangkan peluang kedua digagalkan tiang gawang.

Belanda harus kehilangan Memphis Depay di menit ke-34 karena mengalami cedera. Menariknya, Ronald Koeman justru memasukkan gelandang tengah Joey Veerman. Pertandingan memasuki turun minum skor tak berubah 1-1.

Gol Ollie Watkins Diwaktu Injury Time

Memasuki babak kedua pertandingan berjalan cukup seimbang. Belanda sempat memperoleh peluang emas lewat sontekan Virgil van Dijk, memanfaatkan skema set piece. Sayang, bola masih bisa ditepis Pickford.

Pada menit ke-80, Inggris sempat mencetak gol lewat tembakan first time Bukayo Saka. Namun, gol ini langsung dianulir oleh wasit, karena hakim garis sudah lebih dulu mengangkat bendera tanda terjadinya offside.

Memasuki injury time berjalan satu menit, Inggris sukses berbalik unggul lewat aksi Ollie Watkins. Menerima bola di kotak penalti lawan, Watkins sempat mengontrol sebelum melepas tembakan ke tiang jauh, yang tak bisa dijangkau Bert Verbruggen.

Belanda mencoba mencari gol penyeimbang di sisa waktu, tetapi upaya mereka tak membuahkan hasil. Skor tetap 2-1 untuk kemenangan Inggris  di pertandingan itu.

Penulis : Yonan

Related posts

Leave a Comment