Lagi, Aset Pemko Medan Diserobot

TOPMETRO.NEWS – Aset Pemerintah Kota (Pemko) Medan lagi-lagi diserobot orang. Kali ini, sejumlah ruko yang terdapat di Pasar Sambu, Jalan Bengkalis I dan II, Kecamatan Medan Kota telah memiliki sertifikat. Padahal, areal Pasar Sambu itu milik Pemko Medan.

Rombongan Komisi C DPRD Kota Medan menemukan masalah tersebut langsung di lapangan, ketika mengunjungi Pasar Sambu, Rabu (9/8) untuk menyahuti aspirasi sejumlah pedagang Pasar Bulan yang akan direlokasi ke Pasar Sambu itu.

“Tentu, ketika sejumlah kios itu telah memiliki sertifikat tanah, maka akan sulit bagi Pemko Medan kedepannya untuk merevitalisasi Pasar Sambu itu,” paparnya usai mengunjungi Pasar Sambu tersebut.

Salman Alfarisi menambahkan bagaimanapun aset Pemko Medan tidak bisa dijualbelikan. Walau pun di lapangan, aset Pemko Medan itu hanya dijual sebagian.

“Sebetulnya, tidak mungkin ada aset Pemko yang bisa dijual. Tapi kalau itu terjadi, maka sangat kita sayangkan,” ujarnya.

Tidak hanya Pasar Sambu, Pasar Muara Takus, Jalan Muara Takus, Kecamatan Medan Polonia juga sudah dialihfungsikan sebagai kos-kosan. Padahal aset Pemko Medan itu bila diberdayakan dengan baik bisa memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan.

Ketua Komisi C DPRD Kota Medan, Boydo HK Panjaitan menyayangkan dialihfungsikannya Pasar Muara Takus itu dan Pasar Sambu itu. Boydo HK Panjaitan pun meminta agar Pemko Medan segera menyelidiki oknum yang menjualbelikan aset Pemko Medan itu.

“Kita menyayangkan aset Pemko Medan itu diterlantarkan. Terbukti, dari pantauan kami tadi di Pasar Sambu, lantai I pasar itu banyak yang sudah dijual,” ungkapnya.

Renovasi

Terpisah, anggota Komisi C, Hasyim SE meminta PD Pasar untuk melakukan renovasi terhadap pasar Sambu. Sebab, berdasarkan hasil peninjauan langsung ke pasar tersebut ditemui atap Pasar Sambu tersebut terlihat jebol, kios dan meja pun terlihat tak terawat, sehingga butuh perawatan/renovasi.

Meski demikian, Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan DPRD Medan Hasyim meyakini pasar tersebut akan ramai dari pembeli apabila seluruh pedagang Jalan Bulan mau pindah ke Pasar Sambu.”Sebelum pedagang Jalan Bulan memasuki kios, Hasyim meminta PD Pasar memperbaiki Pasar Sambu, “harapnya.

Sementara Dirut PD Pasar Medan Rusdi Sinuraya mengatakan pihaknya memastikan akan merenovasi Pasar Sambu. Tahap awal, Rusdi akan menata pedagang yang berjualan di pasar Sambu itu. “Ya, kita akan tata dulu pedagang disana baru kita pindahkan supaya jangan bergabung dengan pedagang lainnya. Setelah itu kami mau perbaiki kios,” ungkap Rusdi.

Sebelum ada renovasi, sebutnya, pedagang bisa berjualan ke relokasi lainnya yakni Pasar Pendidikan, Halat, Sentosa, Petisah dan Pasar Induk.(TM/04)

Related posts

Leave a Comment