Angkut Jemaah Haji, Pesawat Arab Saudi Dilarang Mendarat di Qatar

Angkut Jemaah Haji, Pesawat Arab Saudi Dilarang Mendarat di Qatar

TOPMETRO.NEWS – Arab Saudi menyatakan maskapai penerbangannya masih belum mendapat izin mendarat di ibukota Qatar, Doha, untuk mengangkut jemaah haji ke Mekah.

Sekadar diketahui kedua negara sedang terlibat sengketa diplomatik dan Arab Saudi -bersama beberapa negara Timur Tengah lain- memutus hubungan darat, laut, maupun udara dengan Qatar.

Namun pekan lalu, Arab Saudi menawarkan untuk mengangkut para jemaah haji dari Qatar ke Mekah, yang dilihat berbagai pihak sebagai pertanda awal dari kemungkinan meredanya ketegangan diplomatik.

Minggu (20/8) waktu setempat, Arab Saudi mengeluh karena belum bisa mendaratkan pesawatnya di Bandara Internasional Hamad.

“Pihak berwenang Qatar belum mengizinkan pesawat mendarat karena tidak memiliki dokumen yang tepat walaupun dokumen sudah disiapkan beberapa hari lalu.”

Selain menawarkan penerbangan untuk jemaah haji, Arab Saudi juga membuka kembali perbatasan darat dengan Qatar, yang ditutup sejak 5 Juni lalu, setelah pemutusan hubungan diplomatik dengan Qatar oleh beberapa negara Timur Tengah -antara lain Arab Saudi, Mesir, Bahrain, dan Uni Emirat Arab.

Mereka menuduh pemerintah Doha mendukung terorisme maupun kelompok-kelompok radikal walau sudah dibantah tegas.(tmn)

Related posts

Leave a Comment