Honor Tak Dibayar, Puluhan PHL DKP Demo Dan Mogok Kerja

TOPMETRO.NEWS – Puluhan pegawai Harian Lepas (PHL) dibagian kebersihan Dinas Kebersihan dan Pemukiman (DKP) Kota Tebing Tinggi, Kamis (14/9/2017) pagi sekitar pukul 07.00 WIB, melakukan aksi demo dan mogok kerja didepan kantor DKP yang berada di Jalan Gunung Lauser Kota Tebing Tinggi, akibat belum menerima pembayaran honor sejak satu setengah bulan.

Puluhan PHL yang sehariannya bertugas sebagai sopir dan kernet truk pengangkut sampah dibagian kebersihan di DKP ini melakukan demo dan mogok kerja usai mengikuti apel pagi yang dilaksanakan di dinas kebersihan dan pemukiman tersebut.

Para pegawai harian lepas ini mengaku bahwa demo dan mogok kerja yang mereka lakukan akibat dari belum adanya keputusan dari pihak DKP perihal belum dibayarnya gaji honor para PHL yang seharusnya sudah mereka terima sejak satu setengah bulan lalu. Namun sampai sekarang ini belum ada satu pun pegawai PHL yang menerima gaji,sehingga puluhan PHL hanya berdiri dan memarkirkan sekitar 17 truk pengangkut sampah didepan kantor DKP.

Padahal beberapa bulan yang lalu, kota tebing tinggi telah menerima anugerah piala Adipura yang ke 3 kalinya.itu di karenakan baiknya kinerja pegawai harian lepas dinas kebersihan dan pemukiman,yang sehari-harinya membersihkan seluruh sampah yang ada di kota tebing tinggi.

“Seperti halnya yang pernah di sampaikan Wali Kota Tebing tinggi,kita harus memberikan pengargahan terhadap pekerja Dinas DKP kota tebing tingg, yang telah bekerja keras dalam penataan dan membersihkan sampah yang ada di kota tebing tinggi.namun hal itu malah sebaliknya,puluhan PHL sudah hampir satu bulan setengah belum menerima gaji dari dinas kebersihan dan pemukiman kota tebing tinggi.

Salah seorang pegawai harian lepas di DKP, yang tidak mau namanya dituliskan mengaku bahwa dirinya dan puluhan rekannya yang setiap harinya bekerja untuk mengangkut sampah di Kota Tebing Tinggi mengatakan, aksi tersebut dilakukan karena mereka belum menerima gaji.

“Kami melakukan aksi mogok di karenakan kami belum menerima gaji selama satu bulan setengah. Dan permasalahan ini sebelumnya telah sudah kami tanyakan kepada pihak dinas kebersihan dan pemukiman, namun jawaban yang kami terima dari dinas DKP kota tebing tinggi, kami hanya disuruh bersabar dan menunggu proses tanpa tahu penyebab dari keterlambatan pembayaran honor tersebut. Dari sebulan yang lalu kami sudah disuruh bersabar, namun hingga kini honor kami tersebut belum juga diberikan,” ujarnya dengan raut wajah kesal.

Sementara itu, saat hendak dikonfirmasi Kepala Dinas (kadis) DKP Tebing Tinggi Hj Rusmiyati Harahap sedang tidak berada diruang kerjanya, salah seorang PNS di dinas DKP menyebutkan bahwa kadis sedang berada di luar kota.

untuk mengatasi terjadinya aksi mogok pihak dari dinas telah melakukan argumentasi kepada puluhan pegawai harian lepas tersebut, setelah mendengar hasil keputusaan yang memuaskan, puluhan PHL akhirnya membubarkan diri dengan tertib.(TM/Erwan )

Related posts

Leave a Comment