Lapor Walikota!! Sampah di Garu I Sudah Menggunung

TOPMETRO.NEWS -Pengguna jalan dan masyarakat yang bermukim di Jalan Garu I Kelurahan Sitirejo III Kecamatan Medan Amplas mengeluhkan bau busuk menyengat dari tumpukan sampah di Jalan Garu I Ujung. Bahkan, tumpukan sampah itu terhampar di tepi jalan sekitar 50 meter.

Tumpukan sampah itu berasal dari warga yang membuang sampah sembarangan di sana.

Sampah yang dibuang ada yang menggunakan karung, kantung plastik ada juga yang bercecer, aneka sampah organik dan anorganik bercampur sulit dipilah.

Tak heran bila muncul bau menyengat. Lalat hijau beterbangan diatas tumpukan sampah, apalagi usai hujan turun lalat semakin banyak yang terkadang menempel di baju manakala melintas dengan berjalan kaki.

Menurut warga setempat, Hamidah mengatakan, kondisi sampah seperti itu sudah berlangsung sejak lama.

Banyak masyarakat yang membuang sampah ke pinggir jalan yang letaknya tidak jauh dari pemukiman penduduk. Tak heran bila bau busuk sampah tercium hingga ke rumah warga yang dekat dengan lokasi pembuangan itu.

“Biasanya enggak sampai menumpuk seperti saat ini, ini dah hampir tiga minggu tak diangkut oleh Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Medan,” sebutnya.

Senada dikatakan salah seorang pencari nasi sisa, Siregar yang juga menyebutkan
penumpukan sampah di tempat itu sudah kerap terjadi kawasan itu.

Namun hingga kini belum ada upaya penanggulangan dari Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Medan.

Katanya, akibatnya, selain kotor, bau busuk menyeruak di sekitar lokasi. Bahkan, tumpukan sampah nyaris memenuhi badan jalan sehingga aktivitas warga untuk pejalan kaki pun terganggu.

”Sudah tiga minggu sampah di sini enggak diangkut. Selain menghirup bau tak sedap, aktivitas warga pejalan kaki jadi terganggu,” katanya.

Menyikapi itu, Wakil Ketua DPRD Medan, Ihwan Ritonga meminta kepada Kepala Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Medan untuk memerintahkan jajarannya untuk mengangkut tumpukan sampah di kawasan itu.

“Kita minta supaya kadis pertamanan dan kebersihan kota Medan cepat mengatasi nya,” kata politisi muda Gerindra itu.

Begitupun, sambung anggota DPRD Medan dari Dapil I itu, butuh kepedulian semua pihak agar warga tidak membuang sampah sembarangan termasuk ketegasan pemerintah setempat untuk memberikan sanksi tegas bagi warga yang membuang sampah di sana. Termasuk memberikan penerangan mengenai dampak yang akan ditimbulkan dari keberadaan sampah tersebut.(TM/04)

Related posts

Leave a Comment