Evakuasi Warganya dari Badai Dominika, China Kerahkan 2 Pesawat

Evakuasi Warganya dari Dominika, China Kerahkan 2 Pesawat

TOPMETRO.NEWS – Dua unit pesawat milik maskapai penerbangan China Eastern bertolak dari Shanghai untuk membantu mengangkut 478 warga China yang selamat dari badai dahsyat di Dominika.

Mereka kemudian dipindahkan ke negara tetangga Dominika, demikian laporan sejumlah media resmi di China yang dipantau Antara di Beijing, Minggu.

Misi angkutan darurat itu sesuai arahan Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perdagangan, dan Badan Penerbangan Sipil China.

Proses evakuasi itu direncanakan berlangsung kurang dari 24 jam, demikian laporan Chinanews.com.

Dua pesawat berbadan lebar itu diperkuat 64 awak yang akan terbang sejauh 34.000 kilometer dengan melintasi 19 negara.

Kedua pesawat itu pertama kali mendarat di Bandara Antigua and Barbuda yang berada di antara Laut Karibia dan Samudra Atlantik.

Topan Maria yang merupakan badai level 5 pada 18 September 2017 telah menyebabkan Dominika porak poranda dan 15 orang dilaporkan tewas serta 20 lainnya hilang.

Pada 28 September sebanyak 487 warga China terperangkap badai dan telah dievakuasi ke Antigua and Barbuda yang merupakan tetangga Dominika dalam dua gelombang.

Kedutaan China di Antigua and Barbuda bersama sejumlah perusahaan dan komunitas masyarakat China serta pemerintah kedua negara menangani korban bencana tersebut tanpa hambatan.(tmn)

Related posts

Leave a Comment