Evaluasi Saber Pungli, Tim Peneliti PTIK Mabes Polri Gelar Pertemuan

TOPMETRO.NEWS – Tim Penelitian dari Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Mabes Polri menggelar pertemuan dengan perwakilan tokoh masyarakat, tokoh agama dan insan pers di Rupatama Mapolrestabes Medan, Senin, (2/10/2017).

Pada kesempatan tersebut, tim yang dipimpin Kombes Pol Marpin Efendi didampingi dosen PTIK dan rombongan mengatakan, bahwa pertemuan ini digelar untuk menampung aspirasi masyarakat dalam kaitan Satuan Tugas (Satgas) Saber Pungli, sesuai program Nawacita Presiden Jokowi.

“Pertemuan ini untuk menampung aspirasi masyarakat di Sumatera Utara, khususnya kota Medan,” ujar Kombes Pol Marpin Efendi yang didampingi Wakapolrestabes Medan, AKBP Tatan Dirsan Atmaja.

Diungkapkan Marpin, dalam kaitan tersebut, hasil dari pertemuan di Mapolrestabes Medan ini akan diajadikan bahan evaluasi yang akan dilaporkan ke tim Satgas Saber Pungli Mabes Polri diteruskan langsung ke Presiden.

“Tujuan pertemuan ini juga untuk mengetahui sejauhmana program nawacita mencapai sasaran prioritas di bidang ekonomi, sarana prasarana dan infrasturktur,” ungkapnya.

Selain itu, Marpin menerangkan bahwa guna mendukung hal tersebut, pemerintah dalam hal ini telah menghapus peraturan-peraturan daerah yang bertentangan dengan nawacita.

“Maksudnya, program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan publik (publik trust) di segala bidang layanan masyarakat, terkhusus di kepolisian,” terangnya.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut, warga masyarakat yang hadir mengapresiasi program pemerintah membentuk tim saber pungli.

“Tentu kita mengapresiasi program tersebut. Akan tetapi, masih ada kelemahan di sana-sini, termasuk tumpang tindihnya peraturan dalam penegakan hukum terkait pungli,” ujar perwakilan masyarakat yang bernama Pak Ucok sembari menambahkan pemerintah harus memberikan reward and funishment kepada aparat.(TM/07)

Related posts

Leave a Comment