Bandit Jalanan Makin Merajalela, Polisi Butuh Sinergi Antar Semua Pihak

Antisipasi 3C, Kabid Humas; Butuh Sinergi Antar Semua Pihak

TOPMETRO.NEWS – Guna mengantisipasi kasus kejahatan jalanan yang belakangan makin marak, Poldasu dan jajarannya memerlukan peran aktif dari seluruh stake holder terkait fungsi tugasnya masing-masing.

“Contohnya, kepedulian instansi terkait untuk membenahi infrastruktur dan sarana pendukung lain sangat dibutuhkan seperti memaksimalkan pemasangan kamera pengawas (CCTV) di kawasan rawan kejahatan,” kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Rina Sari Ginting, Kamis (5/10/2017).

Dijelaskannya, hal ini perlu untuk memudahkan penyidik maupun antisipasi tindak kejahatan.

“Demikian juga halnya peran serta di dalam lapisan masyarakat seperti kawasan permukiman, perkantoran yang diharapkan kembali mengaktifkan Siskamling dan Pam Swakarsa. Sehingga ruang gerak pelaku kejahatan jalanan ini bisa dipersempit dengan peran aktif seluruh stake holder terkait di semua lapisan masyarakat hingga ke level terkecil,” jelas mantan Kapolsek Medan Barat ini.

Oleh sebab itu, tambah Rina (foto) dalam kaitan kasus kejahatan jalanan, orang nomor satu di bidang Humas Polda Sumut ini menyebutkan jajaran kepolisian juga telah melakukan langkah – langkah menindaklanjutinya dengan membentuk tim khusus pemberantasan kasus 3 C (Curat, Curas dan Curanmor) di seluruh Polres Jajaran.

“Para personel yang diturunkan dalam tim itu di-back up oleh Polda Sumut. Tim itu terdiri dari antar lintas fungsi unit tugas seperti Intel, Reserse, Sabhara, Brimob. Khusus untuk Operasi Kepolisian sedang dipersiapkan oleh Biro Ops Polda Sumut,” sebutnya.

Sebelumnya, aksi kejahatan jalanan terasa makin marak belakanagan ini di wilayah hukum Polda Sumut khususnya kota Medan.(TM-RIJAM)

Related posts

Leave a Comment