Begini Cara Meraba Nadi Sendiri untuk Cegah Kelainan Jantung

Cegah Kelainan Jantung

TOPMETRO.NEWS – Menari adalah akronim dari Meraba NAdi sendiRI. Merupakan sebuah gerakan self assessment oleh masyarakat terhadap kelainan irama jantung yang disebut Firbrilasi Atrium.

Menari menjadi penting untuk sebuah gerakan nasional masyarakat karena 40% penderita FA mengalami stroke sebagai gejala pertamanya. Sebagaian besar stroke akibat FA bersifat lebih berat dan menyebabkan disabilitas yang lebih lama dan berat.

Maka dengan mengenali karakteristik denyut nadi FA oleh masyarakat sendiri, diharapkan masyarakat dapat memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat dan terhindar dari kelumpuhan.

Dalam keterangan resmi yang diterima Sindonews berikut, cara Meraba Nadi Sendiri yang benar. Pertama letakkan tiga jari (telunjuk, jari tengah dan jari manis) tangan kanan di sisi dalam pergelangan tangan kiri dekat jempol.

Lakukan penekanan secara perlahan hingga terasa denyutan. Raba beberapa saat sehingga anda dapat mengidentifikasi pola denyut nadi anda. Dalam keadaan istirahat, denyut nadi yang normal akan teratur dengan laju 10-15 kali denyut dalam 10 detik perabaan.

Bila denyut nadi terasa tidak teratur, misalnya ada denyut yang terasa hilang, ada denyut yang terasa lebih kuat dan ada yang terasa lemah, atau laju nadi cepat dan lambat bergantian, maka sangat mungkin anda mengalami FA. Jika hal itu dirasakan, maka tidak perlu menunggu ada gejala lain seperti berdebar, nyeri dada, sesak, mudah lelah atau yang lainnya, anda harus memeriksakan diri ke dokter.

Sampaikan kepada dokter bahwa anda telah melakukan observasi denyut nadi dan merasakan ketidaknormalan, mintalah untuk dilakukan pemeriksaan EKG (elektrokardiografi).

Bagi anda yang berusia 65 tahun atau lebih, lakukan MENARI secara berkala seminggu sekali dan jika merasa berdebar, sesak, nyeri dada atau mudah cape. Bagi anda yang menderita hipertensi, diabetes melitus, penyakit jantung koroner atau penyakit jantung lain, pernah stroke, atau gender perempuan, risiko stroke menjadi lebih besar maka lakukan MENARI secara rutin. Bangun tidur adalah waktu yang baik untuk MENARI.(TMN)

Related posts

Leave a Comment