Fantastis!!! Anggaran Tes Kesehatan Bakal Calon Gubsu Capai Rp1 Miliar Lebih

TOPMETRO.NEWS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara mengalokasi anggaran untuk tahapan tes kesehatan para bakal calon sebesar Rp1 miliar. Dana ini termasuk dalam penganggaran Pilgubsu 2018 mendatang dengan nilai Rp855,9 miliar lebih melalui naskah perjanjian belanja hibah daerah (NPHD).

Namun, komisioner KPU Sumut bidang hukum Iskandar Zulkarnain dengan sigap menjawab persoalan anggaran tersebut yang menegaskan bahwa pengalokasiannya sesungguhnya masuk pada RAB (rencana anggaran biaya) dengan perencanaan anggarannya diperuntukkan bagi sepuluh pasangan bakal calon yang dimungkinkan akan mengikuti pemilihan gubernur mendatang.

“Itu sesuai rencana yang diantisipasi dalam RAB, yakni untuk 10 pasangan bakal calon, kalau nanti sampai hari H belum tahu apakah satu atau lebih dari dua dan tiga. Nah, kalau kemudian tak sampai segitu jumlah bakal calonnya, maka berdasarkan undang-undang itu kita kembalikan,” kata Iskandar menjelaskan dihadapan wartawan, pada acara temu ramah insan pers dan KPU Sumut, Selasa (14/11/2017) di Restoran Sederhana Medan.

Dengan alokasi anggaran yang mencapai Rp1 miliar lebih untuk tahapan tes kesehatan tersebut, diterangkan Iskandar, termasuk untuk paket kesehatan baik fisik dan psikis hingga kepada psikotes pada para bakal calon.

“Jadi itu kita buat dalam satu paket, kesehatan dan periksa narkoba, itu sebagai syarat yang sudah diatur untuk 10 pasangan bakal calon,” ucapnya.

Sedangkan, komisioner KPU Sumut, Yulhasni dengan tegas menjelaskan adanya alokasi anggaran yang memasukkan souvenir sepanjang tahapan menjelang pemilihan gubernur, hal tersebut menurutnya termaktub dalam pengalokasi terhadap bahan-bahan dari sosialisasi dilakukan.

”Bukan souvenir, tapi bahan sosialisasi, jadi kalau ada kegiatan sosialisasi, maka bahan-bahan itu kita masukkan,” tambahnya.

Jadi bentuk sovenir itu, paparnya, ada banyak macam seperti pemberian plakat dan piagam hingga pemberian boneka mascot.

”Khusus untuk maskot kegiatan itu sudah kita lakukan mulai dari digelar sayembara hingga pada pencetakan,” pungkasnya menjawab beberapa pertanyaan wartawan pada acara temu ramah itu.(TM/11)

Related posts

Leave a Comment