Kota Medan Digoyang Gempa Bumi Berkekuatan 2,8 SR

TOPMETRO.NEWS – Kota Medan diguncang gempa bumi berkekuatan 2,8 skala richter (SR) Jumat (24/11/2017) sore. Walaupun tidak begitu kuat, gempa sempat membuat warga heboh.

Bad‎an Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan dalam siaran persnya, Jumat, (24/11/2017) mengatakan, gempa bumi dengan posisi episenter pada koordinat 3.50 LU dan 98.29 BT, tepatnya di darat pada jarak 43 km arah Barat Daya Medan, Sumatera Utara, pada kedalaman 5 km. ‎

“Dari hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan yang diterima dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Medan dengan intensitas gempabumi I SIG BMKG ( I-II MMI ),” ungkap Kabid Data dan Informasi BMKG Medan, Syahnan.‎

Hasil dari observasi BBMKG Wilayah I Medan, gempa bumi ini berada pada Zona Sesar Lokal di sekitar Kabupaten Langkat, karakteristik sinyal gempa bumi ini menunjukkan gempa bumi tektonik. Dari kedalaman hiposenternya gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi tektonik dangkal pada lapisan kerak bumi.

“Dihimbau kepada masyarakat disekitar wilayah Medan dan sekitarnya agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertanggungjawab,” jelasnya.(TM/REL)

Related posts

Leave a Comment