Maruarar: Mau Kaya, Usaha bukan Korupsi!

TOPMETRO.NEWS – Anggota DPR RI Maruarar Sirait hadir di Universitas Islam Negeri (UIN) Sumut, Sabtu (25/11/).

Di hadapan ratusan mahasiswa, Maruarar memberikan motivasinya agar anak muda memulai untuk merintis usaha. Dengan kata lain, bila ingin kaya, bangun usaha, bukan jadi pejabat lalu korupsi.

Hal ini disampaikan Maruarar yang menjadi pembicara dalam diskusi publik bertema Pancasila, Generasi Muda dan Ekonomi Kreatif.

Dikonfirmasi, Senin (27/11) politisi PDIP ini mencontohkan dirinya yang telah memulai usaha sejak muda.

Ia menceritakan dirinya yang mengawali usaha dengan berdagang asongan semasa sekolah hingga kuliah. Lalu, setelah sukses berkiprah di DPR RI selama tiga periode, Maruarar pun tidak lupa membangun usahanya sendiri. Ia kemudian membangun restoran yang gerainya ada di sejumlah plaza di Jakarta.

“Anak-anak muda mesti membangun usaha. Kalau mau kaya, bangun usaha, jangan korupsi,” kata pria yang akrab disapa Ara ini.

Ketua umum Taruna Merah Putih ini mengungkapkan, kunci sukses sebuah usaha adalah manajemen yang baik, inovasi, serta efisien serta menghasilkan produk berdaya saing.

“Penting bagi generasi muda untuk belajar sejarah, tapi lebih penting adalah menciptakan sejarah,” ungkapnya.

Selain Ara, diskusi juga menghadirkan sejumlah pembicara lain di antaranya Faisal Mahrawa, Yanes David Sidabutar, Anggi R Lubis, dan Andi Wiliandi.

Pada kesempatannya, Faisal Mahrawa memaparkan pentingnya generasi muda memiliki 4 kepribadian yang dirangkumnya menjadi 4C.

“Generasi muda harus memiliki 4C, connective yaitu dengan membangun bangsa ini kita tidak bisa sendiri, harus membangun relasi dan bekerjasama, lalu creative yakni selalu berfikir out of the box, membuat sesuatu diluar mainstreem, kemudian character yaitu yang berkepribadian pancasila dan cinta tanah air dan terakhir colaborative yaitu mampu mengkolaborasikan ide – ide brilian berdasarkan kondisi kekinian,” papar Faisal.

Sejalan dengan itu, narasumber lainnya Anggi R Lubis juga memberikan motivasi agar generasi muda berani berbisnis dan mandiri. Menurut Anggi, berbisnislah sesuai dengan minat dan hobi.

“Coba eksplor apa minat kita sehari – hari, lalu analisis bagaimana potensi bisnis, lalu perencanaan apa saja yang akan dilakukan untuk memulai bisnis dan terakhir jalankan apa yang kita rencanakan,” terangnya.

Selain itu, untuk memulai bisnis, seseorang tentunya harus memiliki mental yang kuat dan tidak perlu malu dengan bisnis yang dirintis.(**)

Related posts

Leave a Comment