Bersujud Ternyata Ringankan Nyeri Punggung Bawah

Advertisement

TOPMETRO.NEWS– Studi terbaru menemukan salah satu alternatif untuk mengatasi sakit punggung bawah. Para peneliti mengaitkan penurunan rasa sakit dengan gerakan salat.

Salat merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim di seluruh dunia. Tata cara melaksanakan salat, memiliki dampak yang sama seperti terapi fisik dan yoga, untuk meringankan sakit punggung.

Studi ini mengobservasi hasil dari gerakan salat yang dilakukan setiap hari. Studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Industrial and Systems Engineering ini menemukan bahwa gerakan salat saat bersujud hingga kepala menyentuh lantai, sangat baik untuk menurunkan sakit punggung bagian bawah.

“Gerakan ini mirip dengan yoga atau terapi fisik lainnya yang digunakan untuk meringankan nyeri punggung. Studi ini menemukan adanya kaitan erat antara ibadah salat dan menjaga kesehatan fisik,” ujar salah satu penulis  studi, dr Mohammad Khasawneh.

Dilansir dari laman Medical Daily, para peneliti menganalisa hal ini dengan menggunakan sebuah komputer. Partisipan yang ikut, pria dan wanita sehat dari berbagai etnis, suku dan agama.

Ada banyak kegiatan yang bisa menyebabkan sakit punggung. Mulai dari stres karena pekerjaan menumpuk, duduk berjam-jam di depan komputer dengan postur yang buruk, hingga jarang olahraga. Gerakan bersujud kala beribadah bagi kaum muslim, mampu mengatasi nyeri punggung itu.

“Pose bersujud menambah elastisitas dari sendi. Sehingga direkomendasikan para individu banyak melakukan gerakan itu untuk mengurangi nyeri punggung bawah,” tambahnya.(TMN/viva)

 

Advertisement

Related posts

Leave a Comment