Lagi, Pemprovsu Jalin MoU dengan Bekes County

TOPMETRO.NEWS – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dan pemerintah Bekes County, Hungaria kembali menjalin kerjasama sister province yang pernah dilakukan tahun 2010-2015 lalu.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan MoU yang dilakukan Gubsu Tengku Erry Nuradi dan President Majelis Umum Bekes County, Mihaly Zalai, di Gubernuran, Jalan Sudirman, Rabu (6/12).

“Hari ini kita kembali menjalin kerjasama dengan Bekes County. Ini merupakan kelanjutan dari kerjasama yang telah dibuat beberapa waktu lalu oleh Gubsu sebelumnya dan President Bekes County sebelumnya. Di sini kami hanya menindaklanjuti perpanjangan ini,” ujar Gubsu, Tengku Erry Nuradi.

Hadir dalam kesempatan itu, President Majelis Umum Bekes County, Mihaly Zalai, Wakil Ketua Dewan Daerah Bekes County, Mihaly Horvath, Koordinator Hubungan Kerjasama Luar Negeri dan Pariwisata Konsul Bekes County, Erika Blenessy Piros, Kepala Departemen Kementerian Pertanian Hungaria, Andrea Pental dan Wakil Presiden Kamar Dagang dan Industri Bekes County, Janos Godi.

Hadir pula Perwakilan dari Kementerian Luar Negeri, Ivan Polantalo dan Suwagianto, Kepala Pusat Fasilitasi Kerjasama Kemendagri, Nelson Simanjuntak serta sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di jajaran Pemprovsu.

Dikatakan Gubsu, kehadiran President Majelis Umum Bekes County ke Sumut selama empat hari ini merupakan kunjungan balasan. Dimana sebelumnya Gubsu bersama rombongan tahun lalu juga sudah berkunjung ke Bekes County, Hungaria.

“Tahun lalu kami disambut hangat oleh President Bekes County. Saya berterima kasih atas sambutan hangat yang telah diberikan. Kerjasama sister province telah dilakukan sebelumnya. Oleh karena itu, kita akan melanjutkan kerjasama tersebut,” ujar Erry.

Dalam kesempatan itu, Erry juga mengatakan  DPRD Sumut sebelumnya juga sudah menyetujui kerjasama sister province ini untuk dilanjutkan. Dengan begitu, diharapkan kerjasama ini dapat bermanfaat baik bagi kedua negara, khususnya bagi kedua provinsi.

“Banyak hal yang bisa kita lakukan kerjasama baik di bidang perdagangan, pertanian, industry, Pendidikan dan bidang lainnya,” terang Erry.

President Majelis Umum Bekes County, Mihaly Zalai mengatakan kerjasama ini merupakan lanjutan dari kerjasama diantara dua provinsi Sumut dan Bekes County tahun 2010-2015 lalu.

Saat kerjasama lalu berlangsung, kata Mihaly banyak sekali delegasi Bekes County yang berkunjung ke Sumut dan sebaliknya banyak delegasi dari Pemprovsu yang berkunjung ke Beks County.

“Hubungan antara dua provinsi ini menurut President Majelis Umum Bekes County sebelumnya sangat erat. Bahkan hubungan tidak hanya di sektor ekonomi dan perdagangan. Melainkan sektor budaya dan pariwisata,” ujar Mihaly.

Lebih lanjut dikatakan Mihaly, pada saat kunjungan Gubsu dan rombongan ke Bekes County, pihaknya sudah mengidentifikasi bidang-bidang tertentu untuk kerjasama.

“Kami berharap MoU ini akan bermanfaat bagi kedua pihak. Kerjasama dapat terjalin tidak hanya dari sektor ekonomi tapi juga sektor lainnya sehingga dapat mempererat hubungan masyarakat Sumut dan masyarakat Bekes County,” kata Mihaly.(TM-11)

Related posts

Leave a Comment