Gempa 6,9 SR Guncang Tasikmalaya, 1 Tewas, 5 Luka

Gempa 6,9 SR Guncang Tasikmalaya, 1 Tewas, 5 Luka

TOPMETRO.NEWS – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan satu orang tewas akibat gempa di wilayah Jawa. Selain itu, ada 5 orang warga yang menderita luka.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB mengatakan warga yang tewas dan luka itu akibat terkena runtuhan bangunan. Petugas BNPB masih terus bekerja di lapangan.

Sekadar diketahui gempa tektonik 6,9 skala Richter mengguncang Tasikmalaya Jumat (15/12) pukul 23.47 WIB. Gempa ini berlokasi di darat pada jarak 6 kilometer arah tenggara dari Kota Bantarkalong, Tasikmalaya, Jabar, pada kedalaman 107 km.

“Gempa bumi ini berpotensi menimbulkan tsunami di selatan Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY. Gempa bumi selatan Jawa ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi berkedalaman menengah akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempang Eurasia,” terang Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Moch Riyadi dalam keterangannya, Sabtu (16/12/2017).

BMKG terus memperbaharui peringatan tsunami dini ini. BMKG memonitor terjadinya gempa susulan sebanyak tiga kali.

“Hingga Sabtu, 16 Desember 2017, pukul 01.05.39 WIB, hasil monitoring BMKG telah menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) sebanyak tiga kali dengan kekuatan terbesar 3,4 SR,” kata Riyadi.

BMKG mengimbau masyarakat di pesisir selatan Jawa tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Data Warga Tewas dan Luka:

1. Di Desa Gunungsari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis 1 orang meninggal dunia, Hj Dede Lutfi (62) dan 2 luka-luka tertimpa bangunan roboh.

2. Di Kebumen, Jawa Tengah terdapat 2 orang luka-luka tertimpa rumah roboh.

Related posts

Leave a Comment