Polri dan TNI Turunkan Ribuan Personel Untuk Amankan Pelaksanaan Pilkada Serentak di Sumut

amankan pelaksanaan pilkada

TOPMETRO.NEWS – Sebanyak 14.794 personel gabungan dari Polri dan TNI akan diturunkan untuk amankan pelaksanaan pilkada (pemilu kepala daerah) serentak di Sumatera Utara.

Jumlah tersebut belum termasuk ribuan personel dari pemerintahan daerah mulai dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, SAR, Pemadam Kebakaran dan Badan Intelegen Daerah.

Hal itu dikatakan Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Paulus Waterpauw saat Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Toba dalam rangka pengamanan pilkada serentak di Sumut, di Lapangan Benteng Medan pada hari Sabtu (6/1/2018).

Menurut Kapoldasu, ada 14.794 personel yang terdiri dari 13.544 personel Polri dan 1250 personel TNI. Personel Polri terdiri dari 3335 personel Polda Sumut dan 10.209 personel Polres juga Polresta se-Sumatera Utara.

“Kita mendapatkan bantuan 1.250 personel dari Pangdam. Namun kalau nanti kita membutuhkan personel lagi, kita yakin Pangdam pasti akan bersedia memberikan pasukan tambahan. Dari kita saja ada 13.544 personel. Kita juga dibantu personel dari institusi lainnya,” terang Irjen Paulus.

Menrutu Irjen Paulus, pengerahan pasukan ini dilakukan untuk mengantisipasi kerawanan yang mungkin muncul pada pelaksanaan pilkada serentak mendatang. Khususnya setelah meningkatnya tensi politik di Sumut.

Menjaga Daerah Rawan

“Semua daerah rawan dan berpotensi terjadi gangguan keamanan. Apalagi saat ini tensi politik agak tinggi beberapa hari terakhir. Kita juga mengantisipasi kerawanan seperti adanya kampanye hitam, politik uang, aksi unjukrasa, masalah daftar pemilih hingga sengketa pilkada,” terang Paulus.

Apel gelar pasukan tersebut juga dihadiri Pangdam I/BB, Mayjen TNI Cucu Soemantri; Kasdam I/BB, Brigjen TNI Tiopan Aritonang; Wakapolda Sumut, Brigjen Agus Andrianto; Wali Kota Medan, Tengku Dzulmi Eldin; Ketua KPU Sumut, Mulia Banurea; dan Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida Rasahan.(TMN)

Related posts

Leave a Comment