Bupati Karo, Sambut Kunjungan Delegasi Prefektur Wakayama Jepang

Delegasi Prefektur Wakayama

topmetro.news – Bupati Karo, Terkelin Brahmana, SH didampingi Kadis Pertanian Sarjana Purba dan Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi, MSi menyambut kedatangan Delegasi Prefektur Wakayama, Jepang di ruang kerja Bupati Karo, kemarin.

Kunjungan kerja ke Kabupaten Karo ini merupakan bentuk responsif Pemerintahan Jepang atas kunjungan Bupati Karo pada bulan November 2017 mengenai studi penanggulangan bencana di Jepang. Namun Kunjungan delegasi Wakayama kali ini guna kerjasama dibidang pertanian, khususnya buah Jeruk dan Strawbery.

Dalam Kunjungan ini dihadiri langsung oleh Mr. Nishimori selaku Director Of Research Promotion Office, Mr. Kujira sebagai cultivation Director of Fruit Tree Experiment Station dan Mr. Yamashita merupakan staf Internasional Division.

Dalam kesempatannya, delegasi Wakayama menjelaskan bahwa tujuan kunjungan mereka ke Kabupaten karo adalah guna melihat langsung perkebunan jeruk dan strawbery dan ingin mengadakan pertemuan langsung dengan para petani/asosiasi petani jeruk dan strawbery serta melihat bagaimana kondisi Tanah, iklim, cuaca dan curah hujan.

Diharapkan aras kerjasamatersebuti akan menghasilkan kualitas jeruk dan strawbery yang lebih baik dengan memanfaatkan teknologi Jepang

Sementara Bupati Karo mengapresaiasi rencana kerjasama dibidang pertanian. “Selamat datang kami ucapkan, dan kami menyadari bahwa perkebunan jeruk di Kabupaten Karo terus mengalami penurunan, baik luas dan produksi tanamannya. Hal ini karena adanya eberapa kendala yang dihadapi seperti serangan hama dan penyakit khusus yaitu serangan lalat buah. Begitu juga kurangnya teknologi budidaya serta penerapan pasca panen yang belum optimal. Padahal jeruk Karo merupakan produk yang dikenal secara nasional maupun internasional. Oleh karena itu kami sangat mengharapkan kerjasama ini baik dalam teknik maupun teknologi guna dapat membantu dalam meningkatkan produksi jeruk dan strobery yang berkualitas dengan menggunakan teknologi dari Jepang,”ujar Bupati.

Karo Memiliki Komoditas Unggulan

Selain jeruk dan strawbery, Bupati juga menjelaskan bahwa Kabupaten Karo juga memiliki komoditas unggulan lain yang dapat dijadikan kerjasama seperti Kopi, jagung, buah kesemak dan biwa dan komoditi holtikura lainnya.

Selanjutnya , setelah pertemuan di ruang Bupati Karo, rombongan delegasi Wakayama tersebut bergerak meninjau langsung perkebunan jeruk dan strawbery serat bertemu langsung dengan para petani di Kecamatan Dolat Rayat.(TMD/Charles)

Related posts

Leave a Comment