Pembongkaran Sisa Makam di Tapsel Berjalan Lancar

Advertisement

TOPMETRO.NEWS – Sejumlah makam yang berada di lokasi perkantoran Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan, Sipirok sudah berhasil dibongkar dan berjalan dengan aman dan lancar.

“Setelah itu kita relokasi ke pemakaman yang baru,”kata Ketua tim relokasi makam Hamdan Zein kepada wartawan, Senin (13/3).

Ia mengatakan pembongkaran makam dari lahan pemerintah itu dilakukan mulai sejak pukul 05.00 Wib.

“Alhamdulillah cukup kondusif berjalan sesuai yang diharapkan,” ucapnya sembari menyebut hingga pukul 7.35 Wib sudah lebih 60 makam yang dibongkar untuk dipindahkan.

Sejumlah aparat kepolisian yang dipimpin langsung Kapolres Tapsel AKBP Rony Samtana dibantu unsur TNI, Satpol PP yang tampak berjaga-jaga dilokasi mengantisipasi hal-hal tidak diingini.

Informasi dihimpun dilokasi menyebutkan sisa makam yang akan dibongkar tersebut berjumlah sekitar 127 makam.

Kabag Humas dan protokol Porang Pane mengatakan relokasi sisa makam itu berjalan baik, dengan harapan bisa tuntas dalam sehari.

“Tulang belulang dari setiap makam dikumpul dan kembali dimasukkan kedalam peti mati yang sudah disiapkan untuk kembali dimakamkan,”katanya.

Sejumlah masyarakat juga kata dia ada juga yang turut menyaksikan pembongkaran makam sanak keluarga mereka guna direlokasi ke pemakaman yang baru.

Pemakaman baru itu luasnya sekitar satu hektare yang sudah sejak lama disiapkan Pemkab Tapsel berikut ruas jalan menuju pekuburan.

Lokasinya berada tidak jauh dari lokasi makam yang dibongkar dekat area perkampungan warga di Desa Janji Mauli, atau berjarak sekitar lebih kurang 1 kilometer.(TMN/ant)

Advertisement

Related posts

Leave a Comment