Jalan Wisata Gunung Sibayak Nyaris Putus

Jalan Wisata Gunung Sibayak

topmetro.news – Jalan wisata Gunung Sibayak kini terancam putus. Setidaknya kondisi kondisi jalan wisata yang longsor dan nyaris putus total itu ditemui Bendahara F-PDI Perjuangan DPRD Sumut Drs Baskami Ginting. Dampak kondisi itu kini mengganggu arus lalu-lintas maupun kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara yang setiap hari mengunjungi kawasan ini.

“Kita sangat berharap agar Pemkab Karo segera menggunakan dana bencana alam yang dialokasikan di APBD, agar tidak mengganggu arus lalu lintas maupun kunjungan wisatawan ke puncak Gunung Sibayak,” ujar Baskami Ginting kepada wartawan, Rabu (24/1/2018) di DPRD Sumut seusai berkunjung ke kawasan ini.

Sudah Banyak yang Mengeluh

Baskami mengkhawatirkan, jika jalan itu tidak segera diperbaiki, dipastikan badan jalan akan putus total, mengingat curah hujan saat ini relatif tinggi di kawasan Tanah Karo.

“Saat ini para sopir Angkot dan wisatawan sudah banyak yang mengeluh, dikarenakan lambannya dilakukan perbaikan,” ujarnya.

Diakui politisi PDI Perjuangan ini, beberapa bulan lalu Bupati Karo, anggota DPRD karo, Kadis PUPR Karo Ir Paten Purba, Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi dan sejumlah SKPD lainnya telah meninjau lokasi yang longsor, tapi hingga kini belum terlihat tanda-tanda perbaikan.

Belum Ada Tanda-tanda Perbaikan

“Jika memang Pemkab Karo belum ada anggaran untuk perbaikan jalan secara permanen, alangkah baiknya untuk sementara dibuat beronjong dan gorong-gorong, supaya longsor tidak semakin meluas dan jalan tidak sampai putus total,” tandas anggota Komisi D ini.

Makin Parah

Ditambahkan Baskami, berdasarkan pantauannya di lokasi, longsor jalan menuju puncak Sibayak tersebut semakin hari semakin dalam dan lebar. Sejumlah wisatawan lokal dan sejumlah sopir angkot yang membawa wisatawan dari Berastagi ke puncak Sibayak sangat berharap kepada Pemkab Karo melakukan perbaikan.

Sementara itu, ketika hal ini dikonfirmasi wartawan kepada Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Karo Mulia Barus membenarkan jalan menuju puncak Gunung Sibayak mengalami longsor. “Tapi itu bukan wewenang kami, melainkan wewenang Dinas PUPR Karo,” ujarnya.

Namun ketika Kadis PUPR Karo Ir Paten Purba dihubungi melalui teleponnya tidak aktif. Menurut stafnya, Kadis sedang diluar kantor.(Erris)

Related posts

Leave a Comment