Gara-gara Puntung Rokok, 1 Hektar Lahan Hutan Terbakar

Advertisement

TOPMETRO.NEWS – Kepolisian Resort Lhokseumawe menerjunkan sejumlah personel menerobos semak belukar untuk membantu proses pemadaman kebakaran lahan bersama petugas pemadam dikawasan Desa Blang Pulo, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe, Minggu (12/3) sekitar pukul 15.20 Wib.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Hendri Budiman melalu Kabag Ops Kompol Ahzan mengatakan, untuk memadamkan satu hektar lahan yang terbakar, Polres Lhokseumawe mengerahkan sejumlah personil dari Tim Sabhara dan anggota Polsek Muara satu untuk membantu petugas pemadam, lahan perbukitan rumput dan ilalang yang terbakar berjarak lebih kurang 50 meter dengan kampus Unimal Bukit Indah dan perumahan penduduk.

“Terjadinya kebakaran diduga dari berasal dari puntung rokok masyarakat sehingga api membesar dan membakar sekitar satu hektar lahan,” ujarnya.

Sambungnya, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 18.10 Wib dengan menggunakan dua unit Damkar Kota Lhokseumawe, tidak korban jiwa dalam kebakaran lahan tersebut.

Dijelaskan, peristiwa kebakaran hutan yang mendapatkan perhatian serius dari sejumlah institusi dan merupakan program nasional serta program Kapolri dalam membantu penanganan kebakaran hutan dan lahan, oleh sebab itu diperlukan penanganan kebakaran secara terpadu dari berbagai institusi.

“Untuk menghindari kebakaran lahan kita berharap masyarakat peka terhadap pencegahan kebakaran dengan mengantisipasi penyebab kebakaran lahan dengan tidak meninggalkan api dilahan dan tidak membuang puntung rokok sembarangan,” harap Kompol Ahzan. (TMD/025)

 17 total views,  1 views today

Advertisement

Related posts

Leave a Comment