Rawan, KPU dan Disdukcapil Diminta Tuntaskan 1,2 Juta Pemilih tak Terekam e-KTP

topmetro.com – Ketua DPRD Sumut H Wagirin Arman SSos mengigatkan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) KPU Sumut dan Disdukcapil untuk secepatnya tuntaskan e-KTP untuk 1,2 juta rakyat pemilih di Sumut yang belum terekam, agar mereka bisa menggunakan hak suara pada Pilgubsu/Wagubsu mendatang.

“Pencocokan dan penelitian data pemilih yang jumlahnya mencapai 1,2 juta yang belum terekam e-KTP ini sangat mendesak dituntaskan, sebab masalah ini merupakan salah satu titik kerawanan dalam pelaksanaan Pilgubsu. Bisa menimbulkan reaksi protes dari masyarakat, karena tidak bisa menggunakan hak pilihnya,” ujar Wagirin Arman kepada wartawan, Rabu (7/2/2018), di DPRD Sumut.

IZINKAN PEMILIH GUNAKAN KTP

Wagirin bahkan menawarkan solusi, jika KPU Sumut dan Disdukcapil tidak dapat melakukan pencocokan dan penelitian e-KTP secara cepat dan akurat hingga batas waktu hari “H”pemilihan, alangkah bijaknya, dilahirkan suatu kebijakan baru dengan memperbolehkan masyarakat memilih dengan membawa KTP.

Bagi Wakil Ketua DPD Partai Golkar Sumut itu, tidak boleh ada rakyat tidak bisa memilih atau menggunakan hak pilihnya pada Pilgubsu, karena pemerintah jauh hari sebelumnya telah memiliki struktur yang cukup baik dan lengkap dari pusat hingga pelosok desa, untuk mendata masyarakat agar bisa menggunakan hak pilihnya.

“Struktur yang paling lengkap itu pemerintah, mulai gubernur, walikota, bupati, camat hingga kepala desa, semua ada perangkatnya di setiap daerah. Termasuk KPU maupun Disdukcapil. Jadi kita harapkan jangan ada lagi alasan, ada rakyat yang tidak bisa ikut nemilih di Pilgubsu nanti akibat tidak terdata,” kata Wagirin Arman.

Menurutnya, jika Disdukcapil dan KPU sungguh-sungguh bekerja di lapangan mendata dan mengurus identitas kependudukan hingga batas waktu pelaksanaan pesta demokrasi nanti, diyakini tidak akan ada lagi warga yang tidak terekam e-KTP.

Berkaitan dengan itu, Wagirin meminta KPU dan Disdukcapil dalam menjalankan tugasnya, jangan lagi menunggu rakyat mendatanginya dan melaporkannya agar direkam e-KTP. Tapi harus bergerak menjemput bola “dor to dor” ke masyarakat.

Mantan Ketua DPRD Deliserdang ini juga mengajak seluruh masyarakat agar menggunakan hak suaranya pada Pilgubsu mendatang dan tetap mengedepankan persatuan dan kesatuan. “Jangan karena perbedaan pilihan lantas silaturahmi kita sesama warga terganggu. Tetap utamakan persatuan dan kesatuan,” katanya. (TM-ERRIS)

Related posts

Leave a Comment