Wabup Sergai: Merupakan Wadah Dalam Mengaktualisasikan Ajaran Islam

Advertisement

TOPMETRO.NEWS – Ratusan masyarakat dari seluruh desa se-Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Selasa (14/3)  memadati lapangan Dusun I Senayan Desa Simpang Empat untuk menghadiri pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XIII dan Seleksi Nasyid XIV tingkat Kecamatan.

Acara yang berlangsung selama dua hari 14-15 Maret 2017 diawali dengan pawai Ta’aruf ini turut dihadiri Wabup Sergai Darma Wijaya, Ketua FKUB Drs. H. Irfan EL Fuadi Lubis, Muspika Kecamatan, Kabag Kessos Drs. H. Nasrul Aziz Siregar, Kabag umum Syafransah, S.STP, Camat Sei Rampah Drs. Haparuddin Saragih, Kepala Bank Sumut Cabang Sei Rampah Sujendi, Ketua TP PKK kecamatan dan desa, Dewan Hakim, Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ), tokoh masyarakat, tokoh agama, para Kafilah serta masyarakat se-Kecamatan Sei Rampah.

Wabup Sergai Darma Wijaya dalam sambutannya, saat membuka kegiatan mengemukakan bahwa MTQ ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi yang tersirat dan tersurat dalam Al-Qur’an.

Melalui MTQ hubungan silaturrahmi terjalin kembali yang selama ini mungkin karena kesibukan kita, membuat kita sangat jarang untuk bertatap muka. Hubungan persaudaraan sesama muslim patut kita jaga, agar tidak rusak dan dirusaki. Sebab membangun bangsa khususnya membangun Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat yang kita cintai harus didasari dengan kekompakan.

Kepada kafilah yang akan bertanding, dirinya mengucapkan selamat mengikuti MTQ ini. “Semoga keikutsertaan para peserta dapat membawa manfaat dan maslahat dalam upaya mengaktualisasikan ajaran islam secara damai di tanah air,” ungkap Wabup Sergai.

Mengakhiri sambutannya, Wabup berpesan agar para panitia maupun tokoh masyarakat dan alim ulama  menyeleksi dan mengirimkan Qari dan Qariah yang akan mengikuti MTQ tingkat Kabupaten Sergai harus benar-benar putra/putri daerah yang dapat mengharumkan nama Sergai dan bukan peserta dari kabupaten lain.

Sebelumnya Ketua panitia penyelenggara kegiatan Injan Ibrahim, S.Th.I melaporkan tujuan dari kegiatan MTQ XIII tingkat kecamatn ini adalah sebagai Syiar agama dalam pembinaan umat Islam telah dilaksanakan dan telah terjalinnya ukhwah islamiyah dan silaturahim. Selanjutnya untuk mencari Qari dan Qariah terbaik yang akan menjadi duta Kecamatan Sei Rampah dalam mengikuti MTQ tingkat Kabupaten.

Sedangkan, untuk cabang yang diperlombakan adalah Cabang Tilawatil Qur’an  terdiri dari golongan Tartil Qur’an anak-anak putra dan putri 23 orang, golongan Tilawah Qur’an anak-anak putra dan putri 21 orang, golongan Tilawah Qur’an remaja putra dan putri 22 orang, golongan Tilawah Qur’an dewasa putra dan putri 13 orang. Kemudian Cabang Fahmil Al-Qur’an dengan jumlah 4 group dan Cabang Syahril Al-Qur’an sebanyak 6 group.(TMD/002)

Advertisement

Related posts

Leave a Comment