Tiga Penambang Emas Liar di Solok Diciduk Polisi

Tiga penambangg emas liar

Topmetro.news – Tiga penambang emas liar di Kawasan Bukit Lasung Jorong Batu Kudo Nagari Sugai Durian Kecamatan IX Koto, Sugai Lasi Kabupaten Solok ditangkap polisi. Ketiga warga itu diamankan Satuan Reskrim, Rabu 7 Maret 2018 lantaran melanggar Pasal 158 Undang-undang No 4 Tahun 2009 tentang penambangan mineral dan batu bara dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara dan denda maksimal Rp 10 miliar.

Dari catatan Koran Top Metro (grup Topmetro.News) di Solok-Sumatera Barat, ketiga penambang itu diantaranya Gustiarahman (36) warga jorong Sikumbang Nagari Sugai Durian Kecamatan IX Sugai Lasi Kabupaten Solok, Adrizal (41) warga Jorong Aua Tangah Batu Bulek Kecamatan Lintau Buo Kabuapaten Tanah Datar dan Arafat (36) Warga Guguak Sulah jorong Pakan Sabtu Nagari Panyakalan Kecamatan Kubung.

Amankan Barang Bukti

Selain mengamankan tiga pelaku penambang liar, Polres Solok Kota juga mengamankan barang bukti berupa mesin Dompeng Merek Yingitan 7,5 PK dan satu karung tanah hasil yang telah di gali.

22 Hari Menambang

Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan melalui Kasat Reskrim AKP Zamri Elfino menyampaikan ketiga tersangka dari daerah berbeda sudah 22 hari melakukan penambangan tanpa surat izin resmi.

Ketiga penambang liar itu, kata Kasat, melakukan kegiatannya dengan cara mengali lubang dipekirakan sejauh 7 meter. Hasil yang didapat dari galain itu, urai Kasat lagi, mereka mendapatakan emas perak dan tembaga.

Kasat menambahkan, untuk proses lebih lanjut ketiga orang tersangka penambang liar dengan barang buktinya itu diamankan di Mapolres Solok Kota.(TMD YON)

Related posts

Leave a Comment