5 Situs Jual Beli Online Terpopuler di Google

Topmetro.news – Situs jual beli online kini tumbuh subur. Aktivitasnya pun semakin baik saja. Seiring perkembangannya, para pebisnis jual beli online semakin meningkatkan pelayanan. Mereka berlomba-lomba memberi layanan dan kepercayaan terbaik bagi konsumen.

Agar semua pihak memahami sistem jual beli online ini, ada baiknya memmahami dulu pengertian jual beli. Sebagaimana diketahui jual beli merupakan persetujuan saling mengikat antara penjual, yakni pihak yang menyerahkan barang dan pembeli sebagai pihak yang membayar harga barang yang dijual itu.

Secara sederhana proses jual beli merupakan praktik tukar menukar harta dengan harta. Dalam transaksi jual beli, transaksi tukar menukar antara harta milik penjual biasanya berupa barang dengan harta milik pembeli yang biasanya berupa uang, sebagai alat tukar yang sah.

Sementara online, kondisi jaringan internet. Dalam keadaan online kita dapat berselancar di internet dengan melakukan kegiatan secara aktif sehingga dapat menjalin komunikasi baik komunikasi satu arah seperti membaca berita dan artikel dalam website maupun komunikasi dua arah seperti chating dan saling berkirim email.

Pengertian Jual Beli Online

Dari pengertian-pengertian inilah, kita bisa menyimpulkan jual beli online merupakan aktivitas jual beli berupa transaksi penawaran barang oleh penjual dan permintaan barang pembeli secara online dengan memanfaatkan teknologi internet.

Seiring perkembangan zaman, kegiatan jual beli online saat ini semakin menjamur, apalagi sekarang situs jual beli online gratis semakin baik dan beragam.

Dari catatan Topmetro.News, ada 5 situs jual beli online terpopuler di google, sebagai mesin pencarian di dunia. Tersebutlah misalnya Bukalapak.com, Tokopedia.com, OLX.co.id, Belanja.com dan Shopee.co.id.

Untuk itu dalam transaksi jual beli online kenali tata cara yang benar dan spesifikasi barang sesuai dengan yang ditawarkan. Namun alangkah baiknya jika kita mengerti definisi jual beli online dan masalahnya.

Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, seperti kerugian pada konsumen saat bertransaksi bisnis jual beli online, Topmetro.News menelusuri 5 situs jual beli online terpopuler di mesin pencarian google. Setidaknya, ulasan yang tersaji ini dapat dijadikan sebagai panduan.

Bukalapak.com

Situs jual beli online ini terbilang salah satu terpercaya di Indonesia. Belanja online murah, aman dan nyaman dari jutaan toko online pelapak Bukalapak garansi uang kembali. Artinya, Marketplace online ini menggaransi pemberian jaminan 100 persen uang kembali kepada pembeli apabila barang yang dibeli tidak dikirim (tak sampai) ke tangan konsumen.

Bukalapak.com: Situs Belanja Online dan Jual Beli Mudah Terpercaya

Di aplikasi Bukalapak Anda bisa jualan online dengan mudah, dengan fitur-fitur menarik dipercaya bakal dibanjiri pembeli. Selain itu, para pencinta belanja online juga akan selalu dimanjakan dengan promo dan diskon menarik.

Oka, salah seorang konsumen berbelanja online, sudah mengakui keberadaan Bukalapak. Beberapa waktu lalu, ketika banjir besar melanda ibukota Jakarta, Bukalapak sempat ‘tersendat-sendat’ mengirimkan barangnya ke tangan konsumen. Oka warga Medan yang ketika itu membeli ponsel, hingga waktu yang ditentukan belum menerima order, padahal produk barang sudah dibayar kontan melalui transfer. Ketika dikonfirmasi ke Bukalapak, situs jual beli online ini memohon maaf kepada pelanggannya. Pihaknya bersedia mengembalikan 100 persen uang yang sudah sempat disetor. Alternatif lainnya, barang akan dikirim kembali ke tangan konsumen saat banjir Jakarta sudah surut. Begitulah pengalaman Oka yang berbelanja di Bukalapak, hingga akhirnya, barang yang sudah dibayar dikirim ulang ke tangannya.

Namun hampir semua situs jual beli online mendapati kendala. Sebagaimana pengakuan YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) yang dipublikasikan media massa, 9 orang konsumen Bukalapak memasukkan pengaduannya ke YLKI. Yang dikeluhkan para pelanggan: barang belum sampai dengan persentase 36 persen, sistem belanja (20 persen), refund tidak diberikan (17 persen), barang tidak sesuai (9 persen), dugaan akun diretas (8 persen), cacat produk (6 persen), pelayanan (2 persen), harga (1 persen), informasi (1 persen) dan barang telat diterima (1 persen).

Meski masih ada saja konsumen yang mengadukan Bukalapak ke YLKI, namun tetap saja Bukalapak masih digandrungi. Faktanya, sejak tahun 2010 hingga sekarang, Bukalapak sebagai situs jual beli online paling dicari di mesin google dengan jumlah pencarian sekitar 32.500.000 hasil (0,46 detik). Dengan memilih tag line Situs Belanja Online dan Jual Beli Terpercaya sudah ter-branding di benak konsumen.

Lazada.co.id

Di mesin pencarian google, Lazada dicari sekitar 33.900.000 hasil (0,40 detik). Tingginya pencarian masyarakat, menjadikan Lazada sebagai salah satu situs jual beli online paling dicari di Indonesia.

Lazada: Belanja Online Harga Terbaik, Free Ongkir

Dengan mencantumkan slogan ”Belanja Online Harga Terbaik”, menjadikan Lazada sebagai salah satu situs jual beli online ternama. Seluruh produk dan kebutuhan masyarakat ada di sini. Mulai dari produk elektronik, fashion, furnitur, kebutuhan bayi hingga isi pulsa bisa ditransaksikan di Lazada. Setiap belanja produk, konsumen juga dimanjakan dengan promo menarik dan fasilitas gratis ongkir (ongkos kirim) di seluruh Indonesia.

Namun berdasarkan data YLKI masih ada keluhan konsumen yang masuk ke lembaga itu. Versi YLKI, toko belanja online yang paling banyak diadukan adalah Lazada dengan 18 pengaduan.

OLX.co.id

OLX juga termasuk situs jual beli online yang mendapat tempat di hati konsumen di Indonesia dengan jumlah pencarian sekitar 71.800.000 hasil (0,69 detik).

OLX Indonesia (sebelumnya bernama tokobagus.com dan berniaga.com) menjadi sebuah situs web iklan baris fokus membeli dan menjual produk serta jasa secara daring. Bisa dalam bentuk produk elektronik, otomotif, rumah, peralatan rumah tangga, aneka jasa dan juga lowongan kerja.

Situs web ini hadir tahun 2005 dengan nama tokobagus.com di Bali oleh Arnold Sebastian Egg dan Remco Lupker menjadikan OLX sebagai pusat jual beli online terbesar di Indonesia yang dikunjungi lebih dari 1.000.000 pengunjung setiap harinya.

OLX, Pasang Iklan Cara Tepat Jual Cepat

Fasilitas pasang iklan gratis disediakan OLX untuk para penjual. Dalam bertransaksi di OLX Indonesia, baik jual ataupun beli, digratiskan. Tidak hanya itu, OLX Indonesia juga dapat menjadi search engine yang friendly. Anda tak hanya bisa menemukan iklan yang dipublikasikan, tetapi juga orang-orang yang mencari produk dan jasa melalui search engine seperti Google juga akan menemukan iklan itu. Dengan slogan “Cara Tepat Jual Cepat” menjadikan OLX Indonesia termasuk salah satu situs jual beli online terpopuler di mesin pencarian Google.

BLANJA.com

Sekadar diketahui BLANJA.com merupakan sebuah Joint-venture antara Telkom Indonesia dan eBay. Memiliki konsep sebagai Online-Marketplace, BLANJA.com memiliki lebih dari ribuan merchant yang menawarkan jutaan produk dari berbagai kategori yang terjamin orisinalitas dan kualitasnya.

BLANJA.com, Situs Jual Beli & Belanja Online Murah Terpercaya

Sebagai salah satu situs jual beli online yang terpercaya, kekuatan BLANJA.Com selain daripada variasi produk yang beragam juga dengan berbagai bentuk kerjasama marketing yang pastinya menguntungkan semua pihak terkait. Konon situs jual beli online ini berafiliasi dengan nasional di tanah air. Sebutlah misalnya Mandiri, BNI, BTN, Mega, Niaga, ANZ, BII, BCA, BRI dan lain sebagainya.

Hal ini menjadikan BLANJA.com sangat fleksibel dalam memberikan promo menarik bagi para pelanggan. BLANJA.com juga sukses melaksanakan berbagai aktifitas online marketing seperti clearance sale, strategic partnership serta exclusive launching Pre-Order untuk berbagai kategori produk antara lain gadget, komputer serta produk-produk elektronik lainnya.

Di mesin pencarian google, BLANJA.com dicari sekitar 6.310.000 hasil (0,59 detik) menjadikan situs jual beli online ini salah satu terpopuler dan terbaik di Indonesia.

Shopee.com

Shopee menjadi salah satu situs jual beli online terpopuler di Indonesia. Sebagai destinasi belanja online terbesar di negeri ini Shopee menawarkan pengalaman berbelanja yang mudah dan menyenangkan. Pengguna dapat berbelanja berbagai penawaran menarik dengan harga termurah dan gratis ongkir ke seluruh Indonesia.

Di mesin pencarian google, Shopee.com dicari sekitar 7.980.000 hasil (0,52 detik).

Shopee, Terbesar & Termurah, Gratis Ongkir se-Indonesia

Shopee merupakan perusahaan e-commerce di bawah naungan Garena (berubah nama menjadi SEA Group), perusahaan internet di Asia Tenggara. Di Singapura Shopee resmi diperkenalkantahun 2015 yang diikuti dengan negara Malaysia, Filipina, Taiwan, Thailand, Vietnam dan Indonesia.

Mengusung visi “Menjadi C2C Mobile Marketplace Nomor 1 di Asia Tenggara”, Shopee yang berada di bawah naungan CEO, Chris Feng, pria lulusan terbaik dari Universitas Nasional Singapura yang memungkinkan para penggunanya membeli atau menjual barang melalui aplikasi yang tersedia di platform iOS dan Android.

Dengan menerapkan sistem layanan jual beli interaktif antara penjual dan pembeli melalui fitur live chat, Shopee mendapat tempat di hati konsumen di Indonesia. Terlebih situs jual beli online itu menyediakan berbagai sistem pembayaran melalui transfer bank, Indomaret, Kredivo, hingga kartu kredit. Selain itu, tersedia juga dompet elektronik, Shopee Pay yang dapat menyimpan seluruh dana, baik dari penjualan atau pembelian menjadikan situs ini jadi salah satu situs terpopuler. (art)

Related posts

Leave a Comment