Dovizioso Asapi Marquez dan Rossi di Laga Pembuka di MotoGP Qatar 2018

motogp

topmetro.news – Di laga pembuka MotoGP 2018 menang benar-benar sengit dan menarik. Balapan yang berlangsung, pada Minggu (18/3/2018) malam WIB, Andrea Dovizioso asapi Marc Marquez dan Valentino, pebalap Ducati itu sangat memberikan perlawanan yang berarti dri seri pembuka MotoGP 2018 di Sirkuit Internasional Losail.

Berposisi di star kelima, Dovizioso sejak lampu hijau dinyalakan pertanda race dimulai, penampilan pebalap asal Italia itu tampil kurang baik. Dimana beberapa race Dovizioso sempat tercecer ke posisi tujuh. Pebalap Tech3 Yamaha Johann Zarco memulai balapan dengan sempurna dan mempertahankan posisi terdepan. Pebalap asal Perancis itu berhasil unggul atas Marquez, Dani Pedrosa, dan Rossi.

Marquez sempat menyalip Zarco di tikungan terakhir lap pertama. Namun, sepeda motor M1 yang ditunggangi Zarco unggul akselerasi dan kecepatan di jalur lurus. Zarco pun kembali memimpin balapan memasuki lap kedua. Sedangkan Rossi sukses mengambil alih posisi kedua dari Pedrosa di tikungan pertama lap kedua.

Perubahan posisi terjadi di lap kelima. Rossi berhasil menyalip Marquez di tikungan keempat. The Doctor pun terus memburu Zarco hingga lap kesepuluh. Namun, kesalahan Rossi dan Zarco yang sedikit melebar berhasil dimanfaatkan Marquez.

Marquez akhirnya berhasil menggeser Rossi dari posisi kedua. Posisi The Doctor semakin melorot setelah disalip Dovizioso di lap yang sama. Kini giliran Dovizioso dan Marquez memburu Zarco. Marquez dan Dovizioso sempat beberapa kali berganti posisi. Kondisi itu membuat Zarco diuntungkan karena bisa konsentrasi mempertahankan posisi terdepan.

Nasib sial dialami Alex Rins dan Jorge Lorenzo yang mengalami kecelakaan pada lap ke-12 dan gagal melanjutkan balapan. Rins jatuh di tikungan dua saat berada di posisi enam, sedangkan Lorenzo jatuh di tikungan lima. Zarco akhirnya kehilangan posisi saat balapan menyisakan lima lap. Dengan pergerakan agresif, Dovizioso dan Marquez berhasil menyalip Zarco di jalur lurus. Bahkan dalam tayangan ulang Marquez terlihat menyenggol lutut kanan Zarco. Tidak lama berselang Rossi berhasil melewati Zarco.

Duel Sengit

Duel sengit kemudian terjadi antara Dovizioso dengan Marquez di sisa balapan. Sementara Rossi hanya berusaha mengamankan posisi podium ketiga.Marquez terus memburu Dovizioso di lap terakhir. Bahkan juara bertahan MotoGP itu sempat menyalip Dovizioso di tikungan terakhir.

Tapi seperti pada balapan MotoGP Austria dan MotoGP Jepang musim lalu, Dovizioso berhasil kembali mengambil alih posisi pertama karena Marquez menikung terlalu jauh. Dovizioso pun meraih kemenangan MotoGP Qatar dengan catatan waktu 42 menit 34,654 detik. Marquez finis kedua terpaut 0,027 detik, dan Rossi finis ketiga dengan tertinggal 0,797 detik.(TM-YOFE)

Hasil sepuluh besar MotoGP Qatar 2018:

No Pebalap Negara No Start Motor Poin
1 A. Dovizioso Italia 4 Ducati 26
2 M Marquez Spanyol 93 Honda 20
3 V Rossi Italia 46 Yamaha 16
4 C Crutchlow Inggris 35 Honda 13
5 D Petrucci Italia 9 Ducati 11
6 M Vinales Spanyol 25 Yamaha 10
7 D Pedrosa Spanyol 26 Honda 9
8 J Zarco Prancis 5 Yamaha 8
9 A Iannone Italia 29 Suzuki 7
10 J Miller Australia 43 Ducati 6

Related posts

Leave a Comment