Turki Tawarkan Kerjasama Bidang Ekonomi di Sumut

turki tawarkan kerjasama

Topmetro.news – Turki tawarkan kerjasama bidang ekonomi di Sumut. Hal itu terungkap saat Gubsu Tengku Erry Nuradi menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Turki untuk Indonesia Mehmet Kadri Sander Gurbuz di ruang kerjanya, Senin (19/3/2018). Didampingi Konsul Kehormatan Turki di Medan Rahmat Shah, Dubes Turki untuk Indonesia itu menawarkan kerjasama bidang ekonomi dan infrastruktur di Sumut.

Dubes menyebutkan, kerjasama yang diminati itu ada di berbagai bidang termasuk sektor energi, pariwisata, pendidikan, perdagangan ekspor dan impor, serta pembangunan infrastruktur.

Dari sektor energi, Turki menawarkan bentuk kerjasama energi panas bumi (Geothermal), dimana memanfaatkan energi panas bumi sebagai sumber energi listrik karena Indonesia mempunyai 65% potensi geothermal. Untuk sektor pariwisata, Turki sebagai negara yang mampu mendatangkan 35 juta wisatawan untuk berkunjung, sangat tertarik bekerjsama dalam pembangunan kawasan Danau Toba.

Di sektor pendidikan, Turki mempunyai program pertukaran pelajar dan pemberian beasiswa kepada para mahasiswa baik universitas negeri maupun swasta. Dalam bidang perdagangan ekspor impor, kelapa sawit dan karet sebagai bahan baku hampir di 95% industri di negara ini.

Sedangkan untuk bidang pembangunan infrastruktur, Turki mempunyai perusahaan yang dapat membantu dalam hal kerjasama infrastruktur. Salah satunya, saat ini Turki sedang membangun bandara terbesar di dunia yang dilaksanakan 5 perusahaan besar. Bandara itu dapat menampung 150 juta penumpang setahun. Turki sendiri telah membuka rute penerbangan langsung ke Jakarta dan akan membuka rute ke Bali.

“Disamping itu, kedatangan saya beserta rombongan ke Sumut, ingin melakukan kerjasama melalui program Sister City. Karena Provinsi Sumut memiliki tipologi yang sama dengan Provinsi Mersin di bagian selatan Negara Turki sebagai daerah wisata dan pelabuhan serta industri,” ujar Dubes Turki.

Menanggapi penjelasan Dubes Turki Mehmet Kadri Sander Gurbuz, Gubsu Tengku Erry Nuradi sangat senang mendengar banyak potensi sumber daya alam di Sumut yang ditawarkan Pemerintah Turki untuk dilakukan kerjasama. “Saya sangat bangga dan berterima kasih atas tawaran kerjasama yang akan dilakukan Pemerintah Turki di wilayah Sumut ini,” ujarnya.

Untuk masalah energi, geothermal yang memanfaatkan energi panas bumi sebagai sumber energi listrik, Sumut mempunyai banyak potensi kekayaan alam yang terbarukan, yang ramah lingkungan. Sedangkan masalah daya listrik, saat ini Provinsi Sumut telah dapat mengatasi masalah kekurangan daya listrik selama 15 tahun terakhir. Hal ini juga dikarenakan adanya bantuan kapal pembangkit listrik dari Turki yakni Marine Vessel Power Plant (MVPP) yang bersandar di dermaga PLTGU Belawan.

“Pertumbuhan ekonomi di Sumut sangat tinggi sehingga keperluan daya listrik cukup banyak. Tetapi hari ini sudah dapat teratasi dengan bantuan kapal pembangkit listrik MVPP. Saya sendiri yang menjemputnya untuk dibawa ke Medan, Indonesia dari Turki, “ ucap Gubsu.

Pertumbuhan Ekonomi 5,12%

Dijelaskannya, Sumut sendiri dari sisi pertumbuhan ekonominya di atas rata-rata nasional dimana pertumbuhan ekonomi di Sumut sebesar 5,12% di atas rata-rata nasional yang hanya sebesar 5,07%. Pertumbuhan ekonomi di Sumut juga dapat mengendalikan inflasi di bawah rata-rata nasional. Berdasarkan hasil Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di Triwulan I, bahwa inflasi di Sumut pada tahun 2017 yakni 3,2 persen lebih kecil dibandingkan nasional 3,61 persen.

Dalam hal pembangunan infrastruktur, saat ini Sumut telah mempunyai 8 bandara, dimana dua bandara diantaranya merupakan bandara internasional yakni di Kualanamu dan Silangit yang jaraknya tidak jauh dengan Danau Toba.(erris)

Related posts

Leave a Comment