You are here
38 Anggota DPRD Sumut Resmi Jadi Tersangka di KPK Daerah 

38 Anggota DPRD Sumut Resmi Jadi Tersangka di KPK

Topmetro.news – Anggota DPRD Sumut Periode 2009-2014 berjumlah 38 orang resmi ditetapkan KPK sebagai tersangka suap. Mereka diduga kuat menerima suap dari mantan Gubsu Gatot Pujo Nugroho. Daftar lengkap nama para tersangka itu kini beredar luas di media sosial dan grup WhatsApp.

Informasi itu peroleh dari surat pemberitahuan penerbitan sprindik yang dikirim KPK ke Ketua DPRD Sumut, 29 Maret 2018.

Sementara Wakil ketua KPK Basaria Pandjaitan membenarkan surat itu. “Ya benar,” kata Basaria, Jumat (30/3/2018).

Surat itu menunjukkan ada 12 sprindik yang diterbitkan KPK terhadap 38 orang itu. Sprindik dibuat 28 Maret 2018.

Berikut nama-nama tersangka yang ada di dalam surat itu: John Hugo Silalahi, Biller Pasaribu, Rijal Sirait, Rinawati Sianturi, Rooslynda Marpaung, Fadly Nurzal, Abu Bokar Tambak, Enda Mora Lubis, M. Yusuf Siregar, Muhammad Faisal, DTM Abul Hasan Maturidi, Richard Eddy Marsaut Lingga, Syafrida Fitrie, Rahmianna Delima Pulungan, Arifin Nainggolan, Mustofawiyah, Tonnies Sianturi, Tohonan Silalahi, Murni Elieser Verawati Munthe, Dermawan Sembiring, Sopar Siburian, Analisman Zalukhu.

Selanjutnya, Restu Kurniawan Sarumaha, Washington Pane, Syahrial Harahap, Ferry Suando Tanuray Kaban, Tunggul Siagian, Fahru Rozi, Taufan Agung Ginting, Tiaisah Ritonga, Helmiati, Muslim Simbolon, Sonny Firdaus, Pasiruddin Daulay, Elezaro Duha, Musdalifah dan Tahan Manahan Panggabean, Arlene Manurung.

Terkait penyelidikan itu, KPK sudah mengonfirmasi fakta-fakta yang muncul di sidang. Dari pemeriksaan itu, KPK lebih yakin terhadap fakta-fakta sidang yang telah diuji dalam proses penyelidikan itu.

Ada yang Kembalikan Uang

Tidak hanya keterangan yang diperoleh KPK, Febri jubir KPK yang dihubungi terpisah berkata, dalam rentang penyelidikan itu, KPK juga menerima sejumlah pengembalian uang dari orang-orang yang dipanggil.

“Ketika tim berada di Medan saat itu, ada yang mengembalikan di proses penyelidikan itu. Tapi saya belum dapat informasinya siapa saja dan berapa jumlahnya,” tutur dia.(tmn)

sumber: int

3057 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment