You are here
Kenapa Warna Mata Setiap Orang Berbeda-beda? Kesehatan 

Kenapa Warna Mata Setiap Orang Berbeda-beda?

topmetro.news – Tak berbeda dengan rambut dan kulit, warna mata ternyata memiliki perbedaan antara yang satu dengan yang lainnya. Sama seperti kulit, perbedaan warna yang terjadi pada mata dikarenakan oleh malanin.

Perbedaan warna mata manusia terjadi berkat fenoma yang disebut sebagai pewarnaan struktural. Fenomena pewarnaan struktural juga umum terjadi pada hewan laut, serangga, dan burung.

Dilansir themindunleashed, Iris, bagian berwarna dari mata terdiri dari dua lapisan sel, stroma (lapisan depan) dan epitel (lapisan belakang).

Epitel mengandung pigmen berwarna gelap yang menyebabkan muncul bercak gelap di iris, sedangkan stroma terdiri dari serat kolagen berwarna. Dalam beberapa kasus, stroma ini berisi melanin dan kasus lainnya mengandung simpanan kolagen yang berlebih. Kedua faktor itu memiliki peranan penting dalam pewarnaan mata manusia.

MELANIN TINGGI

Mata berwarna coklat disebabkan stroma mereka mengandung konsentrasi melanin tinggi sehingga menyerap sebagian besar cahaya yang masuk ke mata, dengan begitu memperoleh warna gelap. Sementara pemilik mata hazel terjadi karena memiliki jumlah melanin kecil dalam stroma dan menyebarkan beberapa warna ke mata.

Hal ini menyebabkan terjadinya warna coklat dan biru bercampur sehingga menghasilkan warna yang menggabungkan coklat, hijau, dan kuning. Sedangkan mata hijau terjadi lantaran memiliki konsentrasi melanin rendah dan tak memiliki simpanan kolagen.

Oleh karena itu, sebagian kecil dari cahaya yang masuk diserap oleh melanin, sementara sebagian besarnya tersebar, dan ini disebut sebagai efek Tyndall yang menghasilkan warna biru, sebagai akibatnya mata tampak berwarna hijau.

KEKURANGAN MELANIN

Berbeda dengan warna mata yang lain, warna mata grey atau abu-abu memiliki cara kerja yang berbeda. Mereka kekurangan melanin tetapi memiliki simpanan kolagen yang besar dan mengganggu efek Tyndall sehingga menghalangi warna biru. Itu sebabnya, semua panjang gelombangan cahaya yang tersebar merata menyebabkan mata memiliki warna abu-abu.

Mata biru mendapatkan warnanya karena memiliki keseluruhan warna stroma tanpa ada melanin, dan mereka tak memiliki simpanan kolagen. Dengan demikian, semua cahaya yang masuk ke dalam mata, masuk kembali ke dalam dan memungkinkan efek Tyndall bekerja, sehingga memiliki warna biru murni. (TM-RED)

sumber: okezone.com

166 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment