Pembangunan Ketahanan Pangan Diharapkan Efektif dan Efisien

TOPMETRO.NEWS – Wakil Walikota Medan Ir. Akhyar Nasution membuka Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Tahun 2017 di Ruang Rapat III Kantor Walikota Medan Jalan Kapten Maulana Lubis No 2,kemarin. Selain demi terwujudnya Pembangunan Ketahanan Pangan yang Efektif dan Efisien di Kota Medan rapat ini juga untuk mengaktifkan kembali Dewan Ketahanan Pangan yang sempat vakum selama 3 tahun.

Dalam arahannya Wakil Walikota Medan berharap melalui rapat ini dapat merumuskan berbagai kebijakan dan terciptanya persepsi yang sama dalam pelaksanaan program dan kegiatan SKPD/ Instansi terkait Pembangunan Ketahanan Pangan Kota Medan sebagaimana diatur dalam Peraturan Walikota Medan Nomor 15 Tahun 2011. Artinya Dewan Ketahanan Pangan selain menjaga ketersediaan pangan juga dapat memberikan pencerahan dan masukan bagi masyarakat dalam ketahanan pangan.

Akhyar menekankan bahwa sesungguhnya saat ini kita lebih berbicara pada kedaulatan pangan, bukan sekedar ketahanan pangan saja. Makna dari kedua hal tersebut jelas berbeda.

“Kalau ketahanan pangan, yang penting bahan makanan itu ada tersedia dengan cukup, tetapi kalau kedaulatan pangan kita berbicara tentang kita produksi sendiri dan kita bisa manfaatkan sendiri untuk kepentingan masyarakat kita,” ucap Akhyar.

Tanpa adanya kedaulatan pangan sambungnya pertahanan negara jelas dapat terancam karena ini menyangkut kemaslahatan hidup umat. Untuk itu dengan digerakkannya kembali Dewan Ketahanan Pangan Kota Medan yang sempat vakum tersebut, kita mulai bisa membangun kebijakan strategis menuju kedaulatan pangan Kota Medan yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Untuk itu Akhyar berharap besar Dewan Ketahanan Pangan ini bisa mengembalikan kedaulatan pangan di Kota Medan.

“Kita harus berkedaulatan akan pangan kita sendiri, dimana kita bisa memenuhi kebutuhan produksi pangan, serta mengendalikan pangan kita sendiri, jangan sampai hanya bergantung pada konsumsi import pangan dari luar negeri saja,” tegas Akhyar didampingi Asisten Pemerintahan Walikota Medan,Drs.Musaddad.

Sebelumnya Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan, Muslim, S.Sos, MSP memaparkan bahwa Rakor Dewan Ketahanan Pangan Kota Medan ini dihadiri oleh seluruh pimpinan SKPD terkait dan Camat se Kota Medan, Akademisi dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Kota Medan, Dewan Ketahanan Pangan, dengan menghadirkan 2 (dua) narasumber utama yakni Prof. Bilter Sirait dan Prof. Posma Sibuea dari Tim Pakar Ketahanan Pangan Kota Medan.

“Hari ini akan kita lakukan penguatan Lembaga Dewan Ketahanan Pangan Kota Medan untuk mewujudkan sinkronisasi percepatan ketahanan pangan Kota Medan dengan melihat permasalahan yang selama ini muncul di masyarakat sehingga dihasilkan materi kebijakan strategis dan akses Dewan Ketahanan Pangan Kota Medan,” pungkasnya.(TMN/Zal)

Related posts

Leave a Comment