Jaringan Internet Nihil, 1130 Siswa SMP di Dairi Gagal Ujian

Kabupaten Dairi

topmetro.news – Sebanyak 1130 Siswa di 22 Sekolah Menegah Pertama (SMP) negeri dan swasta, di Kabupaten Dairi belum melaksanakan Ujian nasional berbasis komputer, pada Senin (23/4/2018). Jumlah ini sudah termasuk dari total 6676 jumlah siswa yang mengikuti ujian nasional tingkat SMP tahun 2018.

Keterbatasan fasilitas peralatan dan belum memiliki jaringan internet yang memadai untuk mendukung program dimaksud, menjadi alasan tidak dilaksanakannya UNBK. Sementara sebagian besar lainnya yakni, 44 sekolah menyelenggarakan ujian berbasis di sejumlah sekolah di kabupaten Dairi.

Hal itu disampaikan, Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi, Sebastianus Tinambunan, SH, MPd didampingi Kepala Dinas Pendidikan kab. Dairi Dra. Rosema Silalahi saat melakukan monitoring Ujian nasional Berbasis Komputer dan Ujiian Nasional Berbasis Kertas di beberapa sekolah negeri dan swasta Kabupaten Dairi.

Meski Sekda dan rombongan hanya diperkenankan mengamati dan melakukan monitoring dari batas Pintu ruangan ujian saja menurut Petunjuk Teknis pelaksanaan UNBK tahun ini.

Monitoring diawali dari SMP N 1 Sidikalang yang menyelenggarakan UNBK Mandiri. Fasilitas, server dan perlengkapan komputer yang dibutuhkan merupakan fasilitas milik sekolah itu sendiri. Selanjutnya ke SMP Swasta Nasional Sidikalang Jalan FL Tobing, SMP N 1 Berampu dan SMP Swasta PKMI (Metodhis Sidikalang di Kalang Simbara. Monitoring turut didampingi pihak Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Antea Hutauruk dan Kosgoro Pinem dan Hendra Sinaga.

A Simare mare, siswi SMP N 1 Sidikalang, menyampaikan UNBK diyakini lebih praktis dilaksanakan sepanjang jaringan lancar dari pusat.

“Soal disajikan per poin, untuk hari ini mata Pelajaran Bahasa Indonesia sebanyak 50 soal, tidak harus mengarit pensil, penghapus membawa papan komputer, sementara jawaban yang sudah kita jawab sifatnya rahasia,” ujarnya.

Diapun optimis meraih nilai yang memenuhi syarat memasuki Sekolah Menegah Atas (SMA) pavorit pada tahapan selanjuntya usai lulus SMP.

Optimis Tahun Depan

Sementara itu, menyikapi masih adanya beberapa sekolah yang belum melaksanakan UNBK, Kadis Pendidikan Kabupaten Dairi, Dra Rosema Silalahi optimis tahun depan (2019) pelaksanaan akan seratus persen di Kabupaten Dairi.

“Tahun depan (2019) kita optimis, semua sekolah SMP akan menyelenggarakan ujian berbasis komputer, urai Kadis Pendidikan menyikapi masih adanya sebanyak 22 sekolah SMP yang belum melaksanakan UNBK di kabupaten Dairi,” ungkap Rosema.

Dikatakan Rosema, tidak adanya fasilitas jaringan internet, termasuk server juga peralatan komputer PC dan laptop menjadi kendala dalam pelaksanaan serentak UNBK SMP kali ini.(TMD/Hartono)

Related posts

Leave a Comment