Liverpool Pecahkan Rekor Skor Gol Terbesar Liga Champions Selama 58 Tahun

liverpool pecahkan rekor

topmetro.news – Duel semifinal Liga Champions antara Liverpool versus AS Roma dengan skor agregat gol 7-6. Jumlah skor gol itu menjadi rekor dalam sejarah Liga Champions. Rekor skor gol terbesar selama ini dipegang Real Madrid saat tampil juara Liga Champions, setelah mengalahkan Eintracht Frankfurt dengan skor 7-3 di tahun 1960. Kini di Liga Champions musim 2017-2018, Liverpool pecahkan rekor skor gol terbesar itu selama 58 tahun bersama Real Madrid.

Pertandingan yang penuh dengan dramatis ini, jual beli gol pun terjadi dalam dua kali pertandingan yang dimainkan Liverpool versus AS Roma. Pada semifinal leg pertama yang dilangsungkan di markas Liverpool Stadion Anfield, pada Rabu (25/4/2018) lalu, tim berjulukan The Reds itu meraih kemenangan atas AS Roma dengan skor 5-2. Dan pada laga leg kedua berlangsung, pada Kamis (3/5/2018) dinihari WIB tadi. Walaupun Liverpool mengalami kekalahan dari tuan rumah AS Roma dengan skor 2-4, tak menghentikan Liverpool melaju ke partai final Liga Champions menghadapi Real Madrid, pada 26 Mei 2018 di Kiev.

Geser Barcelona

Pasukan Jurgen Kloop, juga telah memecahkan rekor mencetak sebanyak 46 gol, yang menggesar Barcelona sebagai tim pemegang yang mencetak gol terbanyak di Liga Champions pada musim 1999-2000, dengan mengemas 45 gol. Jadi, dari hasil tersebut, Liverpool telah menorehkan du rekor sekaligus di Liga Champions musim 2017-2018.

Tidak hanya itu saja, Liverpool juga menempatkan dua pemainnya sebagai pencetak gol terbanyak, yakni Mohamed Salah dan Roberto Firmino, keduanya telah mengemas 10 gol. Jumlah gol tersebut  dibawah jumlah gol bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo dengan mengemas sebanyak 15 gol.

Jadi, dalam laga puncak final Liga Champions 2017-2018 berlangsung di Kota Kiev tepatnya di Stadion Olympiyskiy, pada 26 Mei 2018 mendatang menjadi partai klasik. Sebab, Real Madrid yang mengincar meraih hattrick juara Liga Champions berturut-turut, juga ingin menambah rekor juaga sebanyak 13 kali secara beruntun. Namun, dibalik itu, rekor pertemuan Real Madrid dengan Liverpool tidaklah begitu baik diraih Los Blancos.

Pertemuan Real Madrid dan Liverpool sudah lima kali bertemu, di turnamen level elite antarklub Eropa ini. Dengan empat di antaranya terjadi di era Liga Champions, dan satu laga lainnya di Piala Champions. Hal itu akan menjadikan kunci bagi Real Madrid, untuk tidak sama sekali menganggap enteng Liverpool di partai final nanti.

Juara Liga Champions Tahun 1981

Liverpool memiliki tiga kali kemenangan atas Real Madrid. Pertemuan perdana antara Liverpool dan Real Madrid pada saat final Liga Champions musim 1980-1981, ketika itu berlangsung di Stadion Parc des Princes, Paris. Dalam laga itu, Liverpool tampil sebagai juara Liga Champions, setelah menundukkan Real Madrid dengan skor tipis 1-0. Gol semata wayang Liverpool dipersembahkan Alan Kenedy pada menit ke-82.

Kemudian dipertemuan Liverpol vs Madrid terjadi 28 tahun kemudian, di ajang Liga Champions musim 2008/2009. The Reds kembali sukses mengalahkan Real Madrid, sekaligus menghentikan langkah Los Blancos di babak 16 besar Liga Champions 2008/2009, Liverpool meraih kemenangan tandang dan kandang sekaligus. Madrid dipermalukan Liverpool 0-1 di Santiago Bernabeu. Dan di leg kedua berlangsung di Stadion Anfield, Liverpool meraih kemenangan telak 4-0 atas Madrid.

Hanya saja rapor positif Liverpool atas Madrid terhenti di pertemuan berikutnya. Pada musim 2014/2015 giliran Los Blancos yang dua kali menang atas Liverpool. Dua pertandingan itu terjadi di Grup B Liga Champions 2014/2015. Dalam pertemuan pertama musim tersebut di Anfield, Madrid menang 3-0. Performa apik Madrid itu pun berlanjut saat menjamu Liverpool di Stadion Santiago Bernabeu, dengan kemenangan 1-0.(TM-YOFE)

Related posts

Leave a Comment