Terjaring Razia Pengemis, Kakek 80 Tahun Mengaku Veteran Diangkut

terjaring-razia-pengemis

Topmetro.news – Seorang kakek berusia 80 tahun terjaring razia pengemis. Saat ditangkap aparat gabungan yang menyusuri jalanan kota Kisaran dalam razia kasih sayang terhadap Pengemis, Gelandangan, Orang Gila dan Terlantar (PGOT) kakek renta yang mengenakan baju seragam itu mengaku veteran. Tak cuma si kakek, 15 orang ikut diamankan dalam operasi itu.

“Aku orang veteran, tinggal di Batubara. Kisaran ini aku hafal,” kata kakek yang belakangan bernama Muhamad S kepada petugas Satpol PP saat ‘digaruk’ sedang mengemis di kawasan SPBU Jalan Cokroaminoto Kisaran, Jumat (11/5/2018).

Namun pernyataan kakek itu tak lantas membuat petugas melunak, tapi kakek itu terpaksa ‘diangkut’. Saat diamankan, kakek ini memegang tongkat dan gayung.

Terjaring Razia Pengemis, Pelaku Diangkut Mobil Patroli

Dia dan 14 orang lainnya satu per satu diangkut menggunakan mobil patroli Satpol PP tanpa perlawanan. Lalu dibawa ke Kantor Dinas Sosial Kabupaten Asahan untuk didata dan mendapatkan pembinaan.

Razia Jelang Ramadan

Kabid Trantibum Satpol PP Kabupaten Asahan Siti Rosmita Hasibuan kepada sejumlah wartawan mengungkapkan operasi tersebut mereka lakukan sebagai bentuk kegiatan operasi rutin setiap bulannya untuk membersihkan wajah Kota Kisaran dari penyandang masalah kesejahteraan sosial.

“Apalagi ini menjelang bulan Ramadan, kegiatan ini rutin dilakukan oleh Pemkab Asahan yang mengusung visi misi religius sehat cerdas mandiri agar keberadaan mereka (PGOT) mendapatkan perhatian dari pemerintah, sehingga persoalan ini pelan-pelan bisa diatasi,” kata Siti Rosmita.

Di kantor Dinas Sosial Kabupaten Asahan PGOT yang terjaring satu per satu didata dan dibina selanjutnya menghubungi pihak keluarganya untuk dikembalikan ke rumah masing-masing.

Terkait diamankannya seorang kakek yang beratribut veteran, Siti Rosmita membenarkan hal tersebut, dan saat ini pihaknya masih menelusuri kebenarannya maupun pihak keluarga apakah yang bersangkutan memang benar terdaftar sebagai veteran.

“Kalau itu tetap kami akan tinjau dulu apakah beliau memang veteran. Demikian seluruh yang diamankan tetap akan mendapatkan pembinaan yang baik. Ini sebagai komitmen dari Pemkab Asahan. Kita hadir di tengah masyarakat yang membutuhkan perlindungan kesejahteraan sosial.” katanya. (tmn)

sumber: metroasahan

Related posts

Leave a Comment