Ini Penjelasan, Mengapa Susu Kecoa Baik untuk Kesehatan

susu kecoa

topmetro.com – Dianggap sebagai hewan menjijikkan, kecoa bisa diolah menjadi susu bernutrisi tinggi yang baik untuk kesehatan. Susu kecoa bahkan disebut sebagai super food.

Munculnya susu kecoa bukanlah hal yang baru. Lebih dari 12 tahun yang lalu, beberapa peneliti menemukan bahwa di bagian saluran pencernaan hewan kecoa berjenis Diploptera Puctata, terdapat kristal protein susu.

Kini susu dari kecoa sebagai minuman kesehatan semakin mendapatkan perhatian. Kandungan kristal ini juga terdapat dalam kecoa berjenis Pacific Beetle. Dilansir Delish, spesies kecoa ini mengandung kristal potein, yang biasanya digunakan untuk bayi kecoa yang baru lahir.

Uniknya, kandungan kristal protein ini memiliki jumlah protein empat kali lipat lebih tinggi, dibandingkan susu sapi biasa. Susu kecoa juga mengandung asam amino, yang penting untuk pertumbuhan sel, menjaga tubuh tetap sehat, dan kandungan gula untuk pasokan energi.

Bagaimana untuk Kecantikan?

Meski begitu belum ada penelitian lebih lanjut apakah susu kecoa ini, dapat berguna dan bermanfaat di bidang kecantikan.

“Tingkat pertumbuhan hormon dalam cairan khusus ini masih belum diketahui. Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa pertumbuhan hormon dapat menyebabkan jerawat, pada individu tertentu,” ungkap Dokter Rachel Nazarian dari Schweiger Dermatology Group.

“Tingkat gula yang tinggi dapat memperburuk kondisi kulit wajah dan kecantikan, karena tingginya kandungan gula bisa mempercepat penuaan kulit,” lanjut Rachel.

Dokter Rachel turut menjelaskan bahwa susu kecoa mengandung protein dan lemak, yang vital untuk kesehatan rambut hingga kuku.

Di penelitian sebelumnya, yang diterbitkan di jurnal International Union Of Crystallography di tahun 2016. Peneliti menemukan bahwa cairan kristal ini, merupakan makanan komplet dengan kandungan protein, lemak, dan gula. Kandungan protein yang sangat stabil, membuat susu kecoa bisa jadi suplemen protein yang luar biasa.

Tertarik mencoba? (TM-RED)

sumber: detik.com

Related posts

Leave a Comment