Wow Keren..!!! Tak Lama Lagi, Pemerintah Bangun Dua Pintu Tol di Siantar

pintu-tol-dii-siantar

Topmetro.News – Tak lama lagi, pemerintah bangun pintu tol di Siantar. Kabar yang berkembang nantinya Kota Adipura Kencana itu akan punya dua pintu tol. Bisa jadi ini menjadi kabar baik untuk warga yang berdomisili di Pematangsiantar dan Simalungun.

Bahkan Jumsadi Damanik, Personalia Tim Pembangunan Jalan Tol Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu), Kamis (24/5/2018) memastikan hal itu. Kata dia, pemerintah dalam waktu dekat akan bangun dua pintu tol di Siantar.

Dia merinci, posisi kedua pintu tol di Siantar itu persisnya, jalan tol dari Kota Tebingtinggi akan keluar melalui pintu tol di Siantar. Kemudian, pintu masuk tol menuju Bandara Silangit melalui Kabupaten Simalungun, juga akan dibangun di Siantar.

“Nanti pintu keluar (tol) ada di Siantar, dan masuknya ke arah Simalungun juga dari (pintu tol) Siantar,” kata Jumsadi Damanik.

Bangun Pintu Tol di Siantar, Kini Tahap Pembebasan Lahan

Dia mengaku, kini tim Pembangunan Tol Pemprovsu sedang fokus membahas program pembebasan lahan. “Itu (letak pintu tol) nantilah kita bicarakan. Yang pasti, tahun ini membahas konsultasi publik terkait pembebasan lahannya saja dulu. Rencananya akan mulai dikerjakan di tahun depan (2019),” ungkapnya.

Pemko Siantar Harap Jadi Fasilitator

Katanya, 30 Mei 2018 mendatang, tim pembangunan tol akan bertemu dengan masyarakat, untuk membahas pembebasan lahan. “Nanti kita akan bahas bersama warga di Kecamatan (Siantar) Martoba dan (Siantar) Sitalasari, dan daerah lainnya yang terkena jalan tol. Di sini Pemda (Pemerintah Daerah) setempat hanya menjadi fasilitator,” ujarnya.

Pernyataan Jumsadi Damanik menjadi “buah tangan” bagi Pemko Siantar, yang telah lama berjuang, agar pintu tol menuju kawasan Danau Toba lahir di Kota Siantar.

Seperti disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Pengembangan (BPPP) Kota Siantar, Midian Sianturi, yang cukup gembira menyikapi kabar itu.

“Memang kemarin kita usahakan, agar pintu tol itu ada di Siantar. Dan kalau memang itu benar, kita sangat senang sekali,” sebut Midian.

Sekadar diketahui, pemerintahan Presiden Jokowi kini sedang jor-joran untuk membangun prasarana seperti jalan tol. Bahkan wilayah Papua-Irian Jaya yang topografinya sulit dibangun jalan tol, kini sudah dapat dimanfaatkan warga setempat. Tak lama lagi, warga Siantar dan Simalungun akan merasakan dampak pembangunan itu. (tmn)

sumber: sbnpro

Related posts

Leave a Comment