You are here
Ini 9 Manfaat Tomat untuk Wajah yang Akan Bikin Kamu Takjub..! Kecantikan 

Ini 9 Manfaat Tomat untuk Wajah yang Akan Bikin Kamu Takjub..!

Topmetro.news – Belum banyak orang yang mengetahui tentang manfaat Tomat untuk wajah. Padahal, buah mungil berwarna merah ini mengandung nutrisi yang komplit untuk dijadikan sebagai bahan perawatan wajah. Oleh sebab itu, mengapa harus mengeluarkan biaya yang mahal untuk perawatan wajah jika hanya dengan menggunakan Tomat Anda bisa mendapatkan hasil yang sama.

Pada artikel kecantikan sebelumnya yang berjudul “Cara memutihkan wajah secara alami dan permanen“, kami telah menyebutkan bahwa salah satu bahan yang digunakan adalah buah Tomat. Sebab, buah Tomat mengandung Vitamin A, Vitamin C, Likopen dan Protein yang tinggi.

Semua nutrisi tersebut menjadikan Tomat sebagai salah satu buah yang memiliki kandungan antioksidan tertinggi. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata zat antioksidan pada Tomat juga memiliki banyak manfaat untuk kulit dan wajah.

Artikel kali ini akan lebih fokus membahas tentang manfaat Tomat untuk wajah. Tapi sebelumnya kami ingatkan kepada Anda agar bersiap-siap. Sebab, 9 manfaat Tomat untuk wajah yang akan kami paparkan ini pasti akan bikin Anda takjub.

9 Manfaat Tomat Untuk Wajah

Dari sekian banyak manfaat Tomat untuk wajah, ternyata 9 manfaat yang akan kita bahas kali ini merupakan yang paling banyak dibutuhkan. Apa saja ke-9 manfaat tersebut, simak uraian lengkapnya berikut ini:

1. Memutihkan Wajah

Manfaat Tomat untuk wajah pertama adalah untuk memutihkan wajah. Bagi Anda yang takut terhadap efek samping bahan kimia, Anda dapat menggunakan Tomat untuk memutihkan kulit wajah Anda. Caranya sangat mudah, siapkan satu buah tomat segar yang sudah betul-betul matang lalu cuci dengan air bersih. Kemudian belah Tomat menjadi dua bagian dan buang bagian bijinya hingga tinggal daging buahnya saja.

Basuh wajah dengan air hangat terlebih dahulu agar pori-pori wajah Anda sedikit terbuka, kemudian lap wajah hingga kering dengan handuk yang bersih. Gosokkan bagian dalam daging buah Tomat secara lembut ke seluruh wajah hingga ke bagian leher dan diamkan selama beberapa menit hingga kering.

Setelah kering, bersihkan wajah dengan air hangat hingga getah Tomat yang menempel diwajah hilang. Setelah wajah dilap kering, diamkan selama 10 menit agar suhu kulit wajah Anda kembali normal. Setelah itu lakukan bilasan terkhir dengan air ber suhu normal untuk menutup kembali pori-pori wajah.

Untuk mendapatkan hasil terbaik dalam waktu yang relatif singkat, ulangi pemakaian sebanyak 3 kali seminggu. Tapi ingat, selalu perhatikan reaksi yang muncul pada kulit wajah Anda setiap kali selesai menggunakannya. Jika terjadi iritasi, segera hentikan pemakaian.

2. Mengurangi minyak diwajah

Manfaat Tomat untuk wajah yang kedua adalah untuk mengurangi produksi minyak diwajah. Untuk mendapatkan manfaat ini Anda juga tidak perlu repot-repot. Ambil satu buah tomat segar yang sudah matang kemudian rendam didalam air panas selama 5 menit.

Kemudian belah dua Tomat dan buang bagian bijinya. Haluskan daging buah tomat dengan menggunakan blender dan tempatkan pada wadah yang bersih.

Basuh wajah dengan air hangat sebelum pemakaian dan lap hingga kering. Oleskan bubur daging buah Tomat ke seluruh bagian wajah secara merata dan diamkan hingga mengering. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air hangat dan lap kering dengan kain bersih.

Ulangi cara ini sebanyak 2 kali sehari jika produksi minyak diwajah Anda cukup tinggi. Tapi jika produksi minyak diwajah Anda tidak begitu tinggi, gunakan bubur Tomat ini setiap malam sebelum tidur saja.

Baca juga : Manfaat Lemon untuk wajah

3. Membersihkan Wajah

Manfaat Tomat untuk wajah berikutnya adalah untuk membersihkan wajah dari kotoran dan sel kulit mati. Seperti yang kita ketahui bahwa kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk diwajah menjadi penyebab utama wajah terlihat kusam dan munculnya jerawat. Dengan membersihkannya secara rutin menggunakan Tomat, wajah Anda akan kembali cerah dan mulus tanpa jerawat.

Untuk membersihkan wajah dengan Tomat juga sangat mudah. Ambil satu buah tomat matang dan cuci hingga bersih. Kemudian belah dua tomat dan taburi bagian dalam belahan Tomat dengan gula pasir.

Gosokkan secara lembut dengan gerakan melingkar ke seluruh area wajah selama 5 menit. Kemudian bilas wajah dengan air bersih dan lap hingga kering.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan cara ini 3 kali dalam seminggu.

4. Mengobati iritasi diwajah

Mafaat buah Tomat untuk wajah berikutnya adalah untuk mengobati iritasi seperti ruam, kemerahan dan gatal. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda hanya harus mengkombinasikan Tomat dengan Yoghurt tanpa pemanis dan mengolahnya menjadi masker wajah alami.

Ambil satu buah Tomat segar dan matang, belah dua dan buang bagian bijinya. Tambahkan 1 sendok makan Yoghurt tanpa gula dan haluskan dengan blender hingga bebentuk pasta.

Sebelum pemakaian pastikan Anda membasuh wajah dengan air hangat dan lap kering dengan handuk yang bersih. Kemudian oleskan masker Tomat dan Yoghurt secara merata ke daerah yang terkena iritasi dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bersihkan masker dengan air hangat kembali dan lap dengan handuk bersih hingga kering.

5. Mengecilkan pori-pori wajah

Bagi Anda yang memiliki pori-pori yang besar dibagian wajah, manfaat tomat untuk wajah yang satu ini dapat menjadi solusi untuk Anda. Sebab, ternyata Tomat juga bisa dimanfaatkan untuk mengecilkan pori-pori diwajah.

Caranya, haluskan daging 1 buah Tomat dengan blender dan tambahkan dengan 1 sendok teh Madu. Aduk rata kedua bahan hingga menjadi pasta yang sedikit kental.

Setelah membersihkan wajah dimalam hari, oleskan masker Tomat dan Madu secara merata keseluruh wajah dan biarkan hingga pagi hari. Setelah bangun pagi, bersihkan wajah dengan menggunakan air dingin dan lap hingga kering.

Untuk mendapatkan hasil terbaik dalam waktu yang singkat, lakukan cara ini setiap malam sebelum tidur. Tapi ingat, selalu perhatikan reaksi yang terjadi pada kulit wajah Anda setelah pemakaiannya. Jika terlihat ada tanda-tanda iritasi, sebaiknya segera hentikan pemakaian.

6. Mengobati Jerawat dan Menyamarkan Bekasnya

Bagi Anda yang sedang mencari cara alami menghilangkan jerawat dan bekasnya, maka Tomat dapat menjadi salah satu rekomendasi terbaik untuk Anda. Sebab ternyata, Tomat dengan kandungan astringen dan antioksidannya sangat bermanfaat untuk mengobati jerawat dan menyamarkan bekasnya.

Namun perlu Anda ingat bahwa menggunakan bahan alami untuk menghilangkan jerawat dibutuhkan kesabaran dan ketekunan. Sebab, prosesnya tidak se-instan menggunakan obat-obatan kimia.

Cara mengolah Tomat menjadi obat jerawat dan bekasnya juga sangat mudah. Ambil daging 1 buah tomat yang benar-benar matang dan tambahkan dengan 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh Yoghurt tanpa rasa. Haluskan semua bahan dengan blender hingga berbentuk pasta encer dan tempatkan kedalam wadah yang bersih.

Basuh wajah dengan air hangat sebelum menggunakannya dan lap hingga kering. Oleskan pasta Tomat, Madu dan Yoghurt keselurh wajah secara merata dan diamkan selama 20 menit. Kemudian bersihkan dengan air hangat.

Agar masalah jerawat Anda lebih cepat teratasi, sebaiknya gunakan cara ini setiap hari. Jika terdapat tanda-tanda iritasi setelah pemakaian, segera hentikan pemakaiannya.

7. Menghilangkan komedo

Manfaat Tomat untuk wajah berikutnya adalah untuk menghilangkan komedo. Bagi Anda yang mencari obat alami untuk menghilangkan komedo, gunakan saja Tomat, Anda akan takjub dengan hasilnya!.

Caranya juga cukup mudah dan murah. Anda hanya harus mengkombinasikan Tomat dengan Alpukat dalam sebuah masker.

Ambil daging 1 buah Tomat dan tambahkan dengan setengah daging buah Alpukat. Haluskan dengan blender hingga berbentuk pasta kental. Kemudian oleskan secara merata ke seluruh wajah sambil gosok lembut di area yang berkomedo selama 10 menit. Kemudian diamkan masker diwajah hingga kering dan bersihkan dengan air bersuhu normal.

Untuk mendapatkan hasil terbaik dalam waktu yang relatif singkat, sebaiknya gunakan cara ini setiap hari sebelum mandi pagi.

8. Meredakan Sunburn (Efek Sengatan Sinar Matahari)

Tak jarang kulit wajah kita akan menjadi hitam karena terbakar sinar Matahari. Hal ini biasnya terjadi saat kita  beraktifitas di daerah yang panas tanpa pelindung. Tapi Anda tidak perlu khawatir, sebab manfaat tomat untuk wajah yang satu ini dapat menjadi solusi untuk masalah ini.

Caranya juga cukup mudah. Campurkan 1 buah daging Tomat halus dengan 1 sendok teh Buttermilk dan aduk hingga merata. Oleskan ke seluruh wajah dan daerah yang terkena sunburn lainnya dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bersihkan dengan menggunakan air normal.

9. Menjaga elastisitas kulit wajah

Manfaat Tomat untuk wajah terakhir adalah untuk menjaga elastisitas kulit wajah. Elastisitas kulit wajah yang terjaga dengan baik menjadi pertanda bahwa kulit tersebut dalam kondisi sehat. Sebab, kulit yang kurang elastis disebabkan oleh kurangnya produksi kolagen dan jenis protein lain yang dibutuhkan kulit yang akan mempercepat munculnya efek penuaan seperti kerutan dan garis-garis halus diwajah.

Untuk mendapatkan manfaat ini Anda harus mengkombinasikan Tomat dengan Yoghurt dan Oatmeal dalam sebuah masker. Caranya, ambil 1 daging buah tomat yang sudah dihaluskan dan tambahkan dengan 1 sendok teh Yoghurt tanpa pemanis dan 1 sendok teh Oatmeal. Aduk seluruh bahan hingga tercampur secara merata dan tempatkan kedalam wadah yang bersih.

Pastikan Anda membasuh wajah dengan air hangat sebelum menggunakan masker. Kemudian oleskan masker secara merata ke seluruh wajah dan diamkan hingga 20 menit. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air hangat kembali dan lap kering dengan kain yang bersih.

Diamkan wajah selama 10 menit hingga suhu wajah kembali normal, kemudian lakukan bilasan terakhir dengan air bersuhu normal untuk menutup kembali pori-pori.

Untuk mendapatkan hasil terbaik dalam waktu yang tidak terlalu lama, gunakan masker ini 3 kali dalam seminggu.

Itulah 9 manfaat Tomat untuk wajah dan kulit yang dapat Anda jadikan sebagai referensi untuk solusi dari masalah kulit wajah Anda. Tapi Anda harus ingat, tetap lakukan pengamatan terhadap efek yang muncul setelah Anda menggunakan salah satu cara diatas. Jika terjadi iritasi pada kulit wajah, segera hentikan pemakaian. Selamat mencoba!. (TM-ART)

1.406 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment