Modus Uang KTP, Kantor Samsat Pungli Pembayar Pajak Kendaraan

Pungutan liar

topmetro.news – Pungutan liar (pungli) marak di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat). Seperti gerai Samsat di Jalan Besar Tembung, Pasar VII, Percut Sei Tuan.

Tak tangung tanggung, seorang sekuriti yang merangkap sebagai calo di kantor Gerai Samsat itu meminta uang Rp100 ribu, sebagai uang pengganti KTP.

Seperti yang dialami Zulkifli (40) warga Tembung, yang hendak membayar pajak sepeda motor bekas yang baru dibelinya di salah satu dealer di Tembung ke Gerai Sam Sat Tembung, pada Selasa (14/8/2018) pagi.

Sebagai warga yang baik, korban berniat membayar pajak sepeda motor yang sudah lewat masa aktifnya selama 5 bulan. Namun saat hendak masuk ke dalam kantor Gerai Sam Sat Tembung, korban dihadang seorang sekuriti yang membagikan nomor antrian.

“Coba liat STNK nya,” kata pria berseragam putih itu. Korban memberikan STNK yang dipegangnya.

“Bawak KTP aslinya,” kata sekuriti lagi sambil membaca nama yang tertera di STNK. Korban menjelaskan jika ia membeli sepeda motor bekas di dealer dan belum membalik nama sepeda motornya.

Pungli Pembayar Pajak

Karena korban tidak membawa KTP sesuai nama yang tertera di STNK, sekurit tersebut tidak membagikan nomor antrian kepadanya. Sekuriti itu menyebutkan, korban harus membayar Rp415 ribu, dengan rincian pajak kendaraan Rp281 ribu, denda Rp 35 ribu dan uang pengganti KTP Rp100 ribu.

Spontan korban terkejut, karena denda yang seharus dibayarkanya tidak sebesar itu.

“Dendanya saja Rp35 ribu, masak uang KTP Rp100 ribu. Apa KTP nya dibuat,” kata korban.

Namun sekuriti menjawab, Rp100 ribu itu untuk uang KTP saja, bukan untuk buat KTP.

Korban sempat bertanya apakah tidak bisa kurang, dan sekuriti tersebut menjawab tidak bisa. Dengan wajah murung, korban pergi meninggalkan kantor Gerai Sam Sat.

“Untuk jadi warga yang baik dengan taat pajak saja kita dipersuli. Bagusan tak usah bayar pajak kalau kek gini,” ujar korban sambil berlalu.

Pantauan TOPMETRO tak berapa lama beberapa personil Poldasu datang melakukan penyelidikan terkait pungli di kantor Gerai Sam Sat Tembung.(TM/13)

Related posts

Leave a Comment