You are here
Besok Gubsu/Wagubsu Terpilih Dilantik di Istana Negara Nasional 

Besok Gubsu/Wagubsu Terpilih Dilantik di Istana Negara

topmetro.news – Besok, Rabu (5/9/2018), Gubsu dan Wagubsu terpilih, Edy Rahmayadi-Musa Rajeck Shah, akan dilantik oleh Presiden Jokowi di Jakarta. Mereka akan ikut pelantikan gubernur dan wakil gubernur bersama tujuh pasangan terpilih lainnya. Antara lain dari Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Papua.

Jadual pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih ini disampaikan Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono. “Pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih tahap I, pada tanggal 5 September untuk delapan provinsi,” kata Pj Gubernur Sulawesi Selatan itu, Selasa (4/9/2018).

Pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajeck Shah (Eramas) menang Pilkada Sumut dengan mengalahkan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (Djoss). Dan berdasarkan informasi dari Kemendagri RI, mereka akan ikut pelantikan gubernur dan wakil gubernur untuk tahap I, di Istana Negara, besok, Rabu (5/9/2018).

Informasi lain menyebutkan, pelantikan gubernur untuk tahap II akan dilaksanakan tanggal 27 September. Pada tahap II ini yang akan dilantik adalah Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Timur.

Undangan Pelantikan Gubernur Terbatas

Acara pelantikan itu sendiri, menurut Sumarsono, berlangsung secara terbatas, khususnya untuk undangan. Disebutkan, undangan diberikan hanya gubernur/wakil gubernur terpilih dan para pendamping.

“Ditambah Forkominda, penjabat gubernur, dan istri sejumlah pejabat pusat dan para menteri kabinet kerja,” katanya.

Sedangkan para pejabat daerah yang ikut hadir, lanjutnya, akan menyaksikan pelantikan melalui layar monitor, karena tidak semua bisa ikut masuk ke dalam gedung. “Disediakan layar lebar untuk nonton bersama prosesi pelantikan di gedung sebelahnya, dalam kawasan istana,” katanya.

Informasi serupa disampaikan Sekretaris Dirjen Otda Kemendagri Akmal Malik. Disampaikannya, Presiden Jokowi akan melantik para gubernur dan wakil gubernur terpilih hasil Pilkada Serentak 2018, besok, Rabu (5/9/2018).

“Rencana tanggal 5 September 2018, Bapak Presiden melantik sembilan paslon gubernur dan wakil gubernur terpilih,” katanya.

Hanya saja menurut Akmal, acara pelantikan itu akan diikuti sembilan pasangan, di mana Jawa Barat menjadi salah satunya. Sedangkan untuk bupati/wakil bupati serta walikota/wakil walikota dilakukan satu atau dua hari setelah pelantikan gubernur dan wagub. (TMN)

243 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment