You are here
Jalan Tol Siantar Dibangun, Nih Progresnya Daerah 

Jalan Tol Siantar Dibangun, Nih Progresnya

Topmetro.News – Jalan tol Siantar segera dibangun. Tak berapa lama lagi, akses menuju obyek wisata Danau Toba dapat dijangkau dalam waktu singkat. Progres rencana pembangunan jalan tol Siantar itu hingga kini masih dalam tahap pembebasan lahan. Ikhwal pembangunan jalan tol Siantar ini, terkait dalam rangkaian menyambung tol sudah dibangun saat ini di Sumatera Utara.

Basuki Hadimuljono, ‎Menteri ‎Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengakui hal itu.

Jalan Tol Siantar Permudah Akses ke Danau Toba

Disela-sela Pertemuan Ilmiah Tahunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia ke-35 di Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU), Jumat (7/8/2018) malam dia mengakui pembangunan tol hingga Kota Pematangsiantar ini semata-mata memudahkan akses menuju Danau Toba dari Bandara Kualanamu dan Kota Medan.

“Untuk jalan tol, kita sampai ke Siantar,” sebut Basuki Hadimuljono.

Namun Basuki Hadimuljono enggan membeberkan detail panjang ruas jalan ‎tol yang akan dibangun itu. “Kita sedang peninjau lokasi dan pembebasan lahan. Bukan kendala untuk pembebasan lahan. Tapi itu, pernak-pernik pembebasan lahan. Kita punya mekanisme dan perangkat Undang-undang,” jelas Basuki Hadimuljono.

Dia menjelaskan konektivitas sedang dilakukan antara jalan udara ke jalur darat untuk menuju Danau Toba. Hal ini, akan membuat wisatawan nusatara dan wisatawan manca negara dengan mudah mengunjungi obyek wisata Danau Toba sebagai salah satu destinasi dunia.

“Karena kawasan Danau Toba, ada Bandara Silangit, Sibisa, Pinang Sori, ada Bandara Kualanamu. Dari Kualanamu ada konektivitas ke Danau Toba,” katanya.‎

‎Lebih Hemat 3 Jam

Dengan pembangunan jalan tol Siantar ini, diharapkan jarak tempuh dari Kota Medan dan Bandara Kualanamu Internasional Airport diklaim lebih hemat 3 hingga 4 jam. Sebelum ada tol, jarak ‎tempuh 5 hingga 6 jam.

2 Pintu Tol di Siantar

Seperti diberitakan Topmetro.News sebelumnya, Jumsadi Damanik, Personalia Tim Pembangunan Jalan Tol Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu), Kamis (24/5/2018) silam memastikan hal itu. Kata dia, pemerintah dalam waktu dekat akan merealisasikan dua pintu tol di Siantar.

Dia merinci, posisi kedua pintu tol di Siantar itu persisnya, jalan tol dari Kota Tebingtinggi akan keluar melalui pintu tol di Siantar. Kemudian, pintu masuk tol menuju Bandara Silangit melalui Kabupaten Simalungun, juga akan dibangun di Siantar.

“Nanti pintu keluar (tol) ada di Siantar, dan masuknya ke arah Simalungun juga dari (pintu tol) Siantar,” kata Jumsadi Damanik.(*)

411 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment