PDGI Diharapkan Bersinergi dengan Pemprov Sumut

pdgi sumut

topmetro.news – PDGI Sumut (Persatuan Dokter Gigi Indonesia – Sumatera Utara) diharapkan dapat bersinergi dengan Pemprov Sumut untuk meningatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Sehingga masyarakat Sumut lebih mudah dan murah mendapatkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan.

Hal tersebut disampaikan Wagub Sumut Musa Rajekshah saat membuka Seminar PDGI Cabang Medan dan pelantikan pengurus wilayah PDGI Sumut di Hotel Le Polonia, Medan, Minggu (30/9/2018).

Musa Rajekshah mengatakan, salah satu program Pemprov Sumut saat ini adalah bagaimana bisa menghadirkan pelayanan kesehatan yang mudah dijangkau masyarakat. Terutama dari tingkat desa. “Pelayanan kesehatan masyarakat, bagaimana kesehatan masyarakat dari tingkat puskesmas hingga klinik bisa hadir di kecamatan. Bahkan sampai tingkat desa,” ujarnya.

Masyarakat pada dasarnya, kata wagub, harus sehat. Jika sehat, hal-hal di bidang lain akan mudah dilakukan. “Masyarakat harus sehat. Maka hal-hal lain seperti pendidikan bisa mudah dilakukan,” katanya.

Dalam waktu dekat, kata wagub, Pemprov Sumut juga akan mengadakan pengobatan gratis. “Semoga kehadiran pemerintah bisa langsung dirasakan masyarakat. Dan ini semoga tidak hanya sekali dan bergulir setiap tahun. Kita juga harapkan banyak perusahaan yang ikut membantu program sosial di masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, Musa Rajekshah juga mengharapkan agar semua pihak terkait dalam bidang kesehatan dapat bekerjasama dan selalu menjaga kekompakan. “Program tersebut tidak akan mungkin sukses jika semuanya tidak kompak. Kami tidak mungkin bisa jalankan program kalau tidak ada bantuan dari kawan-kawan,” ujarnya.

PDGI Sumut Dukung Pemprov

Sementara itu, Ketua Pengurus Besar PDGI drg Sri Hananto mengharapkan agar para anggota bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. “Sehingga pada saat melaksanakan tugas bisa dengan tenang dan nyaman untuk kepentingan masyarakat Sumatera Utara,” katanya.

Ketua PDGI Sumut 2017-2020 drg Muhammad Syahbana mengatakan, PDGI tidak hanya sekadar bicara tentang keorganisaian dan kerja pelayanan masyarakat saja. Melainkan juga harus bisa memberikan masukan dan mempengaruhi kebijakan pemerintah terkait kesehatan. “Saya berharap, ke depan PDGI bisa mempengaruhi kebijakan pemprov untuk peningkatan mutu palayanan kesehatan. Serta membantu pemprov untuk meningkatkan derajat kesehatan,” ujarnya.

Ke depan, kata Syahbana, PDGI harus memiliki pola pikir bagaimana bisa memberikan masukan agar bisa diaplikasikan pemerintah. “Kita harus punya mindset apa yang bisa kita berikan kepada pemerintah. Agar bisa diaplikasikan dalam bentuk kerja nyata,” katanya.

Selain pelantikan, juga diadakan seminar kesehatan yang diadakan PDGI Medan. Seminar tersebut merupakan bagian dari pendidikan berkelanjutan dalam rangka menyebarkan informasi untuk meningkatkan pelayanan masyarakat. Turut hadir pada kesempatan tersebut Kadis Kesehatan Sumut Agustama, para peserta dan undangan lainnya. (TM-ERRIS)

Related posts

Leave a Comment