Simak Kisah Mistis nan Unik Sigale-gale di Samosir

 

 

TOPMETRO.NEWS – Toba dan Pulau Samosir tak cuma kaya alam saja, ada juga budaya yang sangat unik dan beragam di sepanjang tepian danau. Salah satunya Sigale-gale.

Sigale-gale, seperti dilansir spritriau sesaat lalu, merupakan sebuah patung dengan bentuk manusia yang biasanya digunakan untuk pemakaman. Namun, kini Sigale-gale bisa dipentaskan untuk wisatawan, dan Anda hanya perlu membayar Rp80 ribu.

Sekadar diketahui, Sigale-gale terbuat dari kayu pohon Banyan dan dipakaikan kostum tradisional seperti ulos, kaos, dan sarung biru. Untuk membuat Sigale-gale, ada sebuah kotak kayu.Di situlah ada dalang yang menggerakan patung ketika musik dimainkan.

Banyak versi di balik cerita Sigale-gale. Beberapa banyak yang percaya jika asal muasal Sigale-gale ini menceritakan seorang wanita bernama Nai Manggale yang tidak memiliki anak. Saat, Nai sekarat di atas kasurnya, dia meminta kepada suaminya untuk dibuatkan sebuah patung hidup yang menggambarkan dirinya dan dipanggil Sigale-gale.

Anehnya, saat patung belum selesai dibuat, Nai Manggale nampak kesulitan untuk mati dan saat itu dia mengutuk sang suami. Untuk terhindar dari kesialan maka Sigale-gale langsung dibuat.

Sebenarnya jauh dari legenda, di dalam tradisi Batak, Sigale-gale ditunjukan saat upacara pemakaman untuk mengembalikan jiwa dan berkomunikasi dengan mereka. Dalam pertunjukan biasanya kepala adat akan memanggil roh untuk dimasukan ke dalam Sigale-gale. (spi-editor3)

Related posts

One Thought to “Simak Kisah Mistis nan Unik Sigale-gale di Samosir”

Leave a Comment