Terminal Petikemas Kuala Tanjung Diujicoba, Dukung Pengembangan Kemaritiman

terminal-petikemas kuala tanjung

Topmetro News – Terminal Petikemas Kuala Tanjung diujicoba pengoperasiannya. PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I menguji kelayakan Terminal Petikemas Kuala Tanjung Multipurpose Terminal, Selasa (27/11/2018).

Terminal Petikemas Kuala Tanjung Test Pengiriman

Dalam tahap ujicoba terminal petikemas Kuala Tanjung ini, dilakukan kegiatan pengapalan kargo domestik sebanyak 50 box milik PT Unilever Oleochemical Indonesia. Tujuan pengiriman kapal kargo domestik itu ke Jakarta dan Surabaya.

Kargo itu diangkut menggunakan kapal KM Sinar Belawan berbobot 11.999 GT dengan panjang 145,65 meter dari perusahaan pelayaran Samudera Indonesia.

Kini, pengembangan tahap I terminal petikemas Kuala Tanjung berupa pembangunan Terminal Multipurpose berkapasitas 600 ribu TEUs sedang memasuki persiapan akhir dan siap beroperasi melayani arus keluar masuk barang ke seluruh Indonesia dan luar negeri yang dikelola oleh PT Prima Multi Terminal.

Perusahaan itu, hasil patungan antara Pelindo 1, PT Pembangunan Perumahan dan PT Waskita Karya.

Dukung Visi Pengembangan Maritim

Bahkan Pelindo I pun sudah diizinkan mengoperasikan Dermaga Multipurpose Pelabuhan Kuala Tanjung. Izin operasi itu dikeluarkan Dirjen Perhubungan Laut dan Kepala KSOP Pelabuhan Kuala Tanjung.

“Mengejar target operasional secara komersial sesuai jadwal, kami uji coba pengoperasian Terminal Petikemas Kuala Tanjung Multipurpose Terminal (KTMT). Lewat uji coba ini diharapkan bisa menunjukkan kesiapan sarana dan prasana dalam mendukung operasional kepelabuhan di Kuala Tanjung. Dengan begitu bisa segera mendukung visi pengembangan maritim pemerintah,” ujar Moedi Utomo, Plt Direktur Utama PT Prima Multi Terminal seperti disiarkan JPNN.

Tahap awal ini, Terminal Petikemas KTMT diharapkan bisa melayani volume ekspor hingga 600 kontainer per pekan.

sumber: jpnn

Related posts

Leave a Comment