You are here
Senapan Serbu Baru AK-308 Bikin Amerika Kesengsem Internasional 

Senapan Serbu Baru AK-308 Bikin Amerika Kesengsem

topmetro.news – Perusahaan senapan asal Rusia, Kalashnikov Concern meluncurkan senapan serbu baru AK-308 di Army 2018 Expo di Moskow, Rusia, beberapa waktu lalu. Senapan ini pun lantas membuat Amerika Serikat kesengsem.

Pada tampilan perdananya ke publik, AK-308 mirip dengan pendahulunya AK-12. Senapan terbaru ini disebut juga memiliki desain dan elemen dari AK-103.

National Interest melansir, AK-308 disebut sebagai produk ambisius dekade ini. AK-308 menggunakan peluru standar NATO kaliber 7,62 x 51 milimeter.

Sejak Perang Dunia II, Kalashnikov telah memproduksi lebih dari 20 jenis senapan serbu. Dari jumlah itu, hanya tiga jenis yang menggunakan amunisi buatan Soviet/Rusia.

AK-101 dan AK-102 merupakan dua senjata pertama Kalashnikov yang diekspor ke berbagai dunia. Senapan serbu itu menggunakan peluru standar NATO 5,56 x 45 milimeter.

BACA JUGA: China Dilaporkan Bangun Lebih Banyak Kapal Selam Serang Nuklir

Senapan Serbu Ekspor

Dua dekade kemudian Kalashnikov mencoba dengan AK-308. Senapan ini disebut-sebut punya bobot yang lebih berat ketimbang pendahulunya, AK-12, namun memiliki akurasi jarak dan kemampuan penetrasi yang lebih baik.

AK-308 membuat buttstock yang dapat dilipat dan pipa angin yang didesain ulang dari AK-12. Sementara bingkai senapan serbu ini terinspirasi RPK-74M.

Tidak ada indikasi Pemerintah Rusia akan menggunakan AK-308. Banyak kalangan menduga, senapan serbu ini memang sengaja dipasarkan untuk diekspor.

Salah satu negara yang tertarik menggunakan AK-308 adalah India. Sejak perang dingin, India telah berulang kali mengimpor alat pertahanan dari Rusia.

Baru-baru ini, India menjalin kesepakatan dengan Rusia senilai US$5,43 miliar, setara Rp77.7 triliun, untuk membeli limat senjata pertahanan udara S-400 dan empat kapal tempur Rusia, Grigorovich.

Selain India, negara Amerika Selatna dan Brasil juga dikabarkan tertarik untuk mengimpor senjata ini.

sumber: dream.co.id

117 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment