Buaya Masuk Permukiman Warga, Gara-gara Sungai Meluap

buaya masuk permukiman

Topmetro News – Buaya masuk permukiman, lantaran banjir merendam permukiman. Seekor buaya masuk permukiman di Desa Talontam, Kecamatan Benai, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau saat banjir melanda. Beruntung, warga bersama polisi masih berhasil menangkap binatang buas itu di persawahan.

Buaya Masuk Permukiman Berhasil Ditangkap

AKBP Muhammad Mustofa, Kapolres Kuansing mengatakan setelah ditangkap, buaya dewasa itu dibawa ke Polsek Benai lalu diserahkan ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau.

“Penangkapan buaya dipimpin Kapolsek Benai Iptu Dadan Wardan,” kata Mustofa, Senin (10/12/2018).

Seperti diketahui, buaya sepanjang 3 meter ini ditangkap, Minggu (9/12/2018) sekitar pukul 14.00 WIB. Buaya itu muncul karena meluapnya Sungai Kuantan dan merendam permukiman sekitarnya.

Buaya Sempat Terlihat di Persawahan

Sebenarnya, menurut warga, buaya sudah terlihat di persawahan Sabtu (8/12/2018). Namun, karena banjir belum surut, warga gagal menangkapnya.

“Buaya itu terlihat di persawahan, kadang muncul, habis itu menghilang,” kata Jebul warga Desa Talontam.

Kemarin upaya penangkapan dilakukan lagi. Saat buaya itu terjebak di saluran irigasi persawahan, warga bersama polisi kemudian menangkapnya.

Tanggap Darurat Banjir

Sekadar informasi, Kabupaten Kuansing, Riau merupakan salah satu daerah yang parah terkena dampak banjir di daerah itu. Ribuan rumah warga tergenang air setinggi 50 centimeter hingga 1 meter. Tidak itu saja, banjir pun sudah mengganggu aktivitas belajar mengajar sehingga Pemkab Kuansing terpaksa menetapkan daerah ini sebagai status tanggap darurat banjir.

sumber: spiritriau

Related posts

Leave a Comment