Maag Sering Kambuh, Begini Cara Mengatasinya…

TOPMETRO.NEWS – Selamat pagi Dok,Akhir-akhir ini maag saya sering kambuh kalau telat makan. Ulu hati sakit sampai sesak ke dada, tetapi tidak mual atau muntah, bersendawa juga tidak sering. Kalau sudah maag dikasih makan sedikit malah sakit. Obat yang bagus untuk maag apa ya, Dok? Mohon sarannya dilansir dari Suara.com. Terima kasih.

RG

Jawab:

Selamat siang Saudari RG,

Untuk pengobatan maag memang dapat dibantu dengan obat. Selain itu, pola makan kita juga harus diatur, mulai dengan jadwal makan yang lebih sering yaitu 3 kali makan besar dan 2 kali snack, atau juga bisa dengan makan setiap 2 jam sekali dengan porsi yang sedang.

Dan juga menghindari makanan yang dapat merangsang asam lambung seperti makanan yang terlalu asam, pedas, berminyak dan bersantan. Selain itu perlu juga dihindari konsumsi kopi dan teh yang berlebihan.

Obat-obatan yang sering diresepkan biasanya:
1. Golongan PPI (Lansoprazole, Omeprazole)
2. Golongan H2RA (Ranitidin)
3. Antasida
4. Antibiotik jika ada infeksi

Obat yang digunakan bisa dikombinasi seperti Ranitidin dua kali dalam sehari, setelah makan dan Antasida tiga kali sehari, 15 menit sebelum makan. Apabila tidak berkurang bisa konsultasikan ke dokter ahli penyakit dalam untuk ditemukan penyebabnya.

Demikian penjelasan yang dapat disampaikan, semoga membantu. Terima kasih.(TMN)

Related posts

Leave a Comment