KAHMI Gelar Kegiatan Jalan Sehat

kahmi sumut

topmetro.news – KAHMI Forever Jalan Sehat (KFJS) kembali digelar untuk ketiga kalinya. Kegiatan gerak jalan yang dilaksanakan KAHMI Sumut dan Medan itu dihelat, Minggu (13/1/2019).

Dan lagi-lagi PDAM Tirtanadi menjadi tuan rumah pelaksanaan gerak jalan sehat yang diikuti 200 peserta ini.

Para peserta KFJS berkumpul di halaman parkir Kantor Pusat PDAM Tirtanadi Jalan SM Raja No 1 Medan. Selanjutnya bergerak menyusuri Jalan SM Raja, kemudian berbelok ke Jalan Japaris. Seterusnya menyusuri Jalan Sutomo dan Jalan Pandu dan kembali ke Kantor Pusat PDAM Tirtanadi.

Tampak hadir Ketua Majelis Wilayah KAHMI Sumut Ir Murlan Tamba, MM Ketua Majelis Daerah KAHMI Kota Medan Prof DR H Hasyim Purba SH MHum, pengurus FORHATI Sumut, Pengurus FORHATI Medan, Kak Oma.

Hadir pula Prof Rosmayati MS, Wakil Rektor 1 USU, Prof Dr Ir Darma Bakti Nasution MS, Prof Dra Pujiati MSoc Sc PhD, Prof Harry Agusnar MSc, Dr Lisna Adriyani WR 1 UISU, penggiat KFJS Medan, Drs Ansari Adnan MSi, dr Delyuzar Haris.

Masukan dan Kritik

Direktur Administrasi dan Keuangan PDAM Tirtanadi Ir Arif Haryadian MSi bersama Direktur Air Limbah Ir Heri Batangari Nasution MPsi menyambut dan melepas peserta gerak jalan sehat itu.

Dalam sambutannya, Arif berterimakasih kepada seluruh anggota KFJS yang telah hadir. Dia minta agar KAHMI Medan memberi masukan, saran dan kritik kepada PDAM Tirtanadi dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami berharap dengan kegiatan ini dapat merekatkan silaturahmi antara PDAM Tirtanadi dengan KAHMI. Kami terbuka menerima masukan, saran dan kritik dari Bapak dan Ibu. Khususnya dari anggota KAHMI demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” kata Arif Haryadian.

Sementara itu Heri Batangari menyebut harapannya agar gerak jalan tersebut dapat lebih intens dilakukan. Misalnya dengan sekali dalam satu minggu. “Mohon maaf. Dirut PDAM Tirtanadi Sutedi Raharjo tidak dapat bersama sama dengan kita sehubungan adanya tugas Beliau keluar kota. KFJS Medan merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia. Dan kita harapkan agar kegiatan KFJS ini dapat terus berlangsung setiap minggunya,” katanya.

Kontribusi KAHMI Sumut dan Medan

Sementara Ketua Majelis Daerah KAHMI Kota Medan Prof. DR H Hasyim Purba SH MHum mengaku bangga karena ternyata ada kader kader KAHMI di PDAM Tirtanadi. Hasyim mengaku bahwa KAHMI turut berkontribusi memberi masukan dan saran kepada PDAM Tirtanadi dalam hal peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Lima tahun yang lalu, saya terlibat dalam penyusunan tarif air PDAM Tirtanadi. KAHMI juga konsisten mengkritikisi bila ada pelayanan PDAM Tirtanadi yang tidak sesuai harapan masyarakat walaupun Manajemen PDAM Tirtanadi adalah kader-kader KAHMI,” ujar Hasyim.

Ke depan, lanjut dia, apabila PDAM Tirtanadi membutuhkan KAHMI baik secara institusi maupun personal untuk ikut terlibat dalam merumuskan peningkatan pelayanan kepada masyarakat, pihaknya siap membantu.

“Karena PDAM Tirtanadi merupakan salah satu BUMD kebanggaan Sumatera Utara,” tukas Hasyim.

Sementara itu kepada para kader KAHMI Medan, Hasyim meminta agar turut berkontribusi menyumbangkan pemikiran dan gagasannya. Selain itu, dia juga berharap agar dapat dibangun kerjasama yang lebih konkrit, semisal bantuan buku.

Pengadaan buku ini dapat bekerjasama dengan USU dan Dinas Perpustakaan untuk mewujudkan Sumatera Utara sebagai Provinsi Literasi dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Bagaimana agar nuansa KAHMI ini mewarnai kehidupan berbangsa karena di KAHMI ada tiga pilar yang dibawa yaitu Keumatan, Kebangsaan Indonesia, Pembangunan yang berkelanjutan,” ucapnya.

Target Rekor MURI

Pada penutup acara, Ketua Majelis KAHMI Sumut Ir Murlan Tamba MM dalam arahannya menyampaikan bahwa dirinya terkejut dan mengapresiasi antusias peserta KFJS yang cukup banyak.

Dirinya juga mengaku bangga karena ternyata KFJS Medan merupakan KFJS terproduktif di Indonesia.

“Pada Rakornas KAHMI di Jambi tahun lalu, KFJS Medan mendapat apresiasi sebagai KFJS terproduktif di Indonesia. Dari sekitar 200 KFJS yang ada di Indoensia yang agendanya dilaksanakan setiap minggu tiada henti kecuali pada bulan adalah KFJS Medan,” tegas Murlan Tamba.

Murlan Tamba meminta agar Jalan Sehat Nasional (JSN) KFJS selanjutnya yang akan dilaksanakan di Sipirok, Tapsel setelah Bulan Idul Fitri 2019. Dia bahkan berharap agenda tersebut bisa masuk rekor MURI dari sisi peserta dan sisi kegiatannya dengan menyumbangkan sekitar 5.000 buku ke Perpustakaan Umum Prof Lafran Pane Tapsel.

“Karena di FORHATI Sumut ada gerakan membaca dan juga karena ada anggota FORHATI yang merupakan pustakawati. Maka diharapkan agar program menyumbang lima ribu buku pada KFJS yang akan datang dapat dikordinir FORHATI Sumut agar perpustakaan ini dapat dijalankan,” katanya.

reporter: Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment